10 Cara Menjaga Kecantikan saat Anda Berusia 30-an

Minggu, 22 November 2020 - 06:08 WIB
loading...
10 Cara Menjaga Kecantikan saat Anda Berusia 30-an
Metabolisme tubuh sedikit melambat di usia 30-an. Kondisi ini mungkin tidak dapat memperbaiki dengan cepat. Jadi, Anda harus perhatikan kesehatan lebih serius. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Metabolisme tubuh mulai sedikit melambat di usia 30-an. Kondisi ini mungkin tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan cepat. Jadi, mulai sekarang Anda harus memperhatikan penampilan dan kesehatan secara umum untuk lebih serius lagi.

Perawatan diri selama usia kepala tiga bukanlah masalah besar. Hanya saja, Anda harus sedikit lebih berhati-hati dengan apa yang dilakukan baik untuk kulit dan rambut, serta bagaimana melakukannya. (Baca juga: Ikutin Yuk Cara Hilangkan Jerawat Ala Aktor Korea Kim Soo Hyun )

Berikut adalah tips kecantikan penting yang dapat membantu Anda meningkatkan kecantikan di usia 30-an seperti dilansir Style Craze, Sabtu (21/11),

1. Jaga Diri Terhidrasi
Minum banyak air tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan tetapi juga membuat kulit sehat. Menjaga tubuh tetap segar adalah cara untuk menghindari kulit kering, kusam, dan bersisik.

2. Ikuti Rutinitas CTM
CTM merupakan cleansing, toning dan moisturizing. Toning membantu mempersiapkan kulit untuk rangkaian langkah berikutnya dalam rutinitas perawatan kulit. Moisturizing memastikan kulit menerima semua bahan penting untuk memperbaiki dirinya sendiri dan tetap terhidrasi.

3. Lakukan Eksfoliasi Secara Berkala
Kulit melepaskan seluruh lapisan luarnya setiap 2-4 minggu dan terus melepaskan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan. Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati bisa membuat kulit tampak kusam, gelap, tidak merata, dan kering. Karenanya, eksfoliasi seminggu sekali sangat penting.

Anda dapat menggunakan scrub dan sikat wajah untuk pengelupasan kulit. Alternatif lainnya, dapat menggunakan produk yang mengandung AHA (asam alfa hidroksi). Namun, pastikan Anda tidak menggosok kulit lebih dari dua kali seminggu. Eksfoliasi berlebihan dapat merusak sel baru dan menyebabkan iritasi kulit.

4. Gunakan Tabir Surya Secara Teratur
Apapun cuacanya, pastikan menggunakan tabir surya. Ini melindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya dan melindungi kulit dari penuaan akibat foto. Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 dan peringkat PA +. Sementara SPF melindungi Anda dari sinar UVB, peringkat PA berarti perlindungan dari sinar UVA. Cari produk dengan peringkat PA +++, di mana semakin tinggi peringkatnya, semakin banyak perlindungannya. (Baca juga: Vitamin D Diyakini Bisa Lindungi Komplikasi Coronavirus )

5. Carilah Bahan Utama Dalam Produk Perawatan Kulit
Di usia 30-an, kulit membutuhkan bahan-bahan khusus. Anda akan membutuhkan produk perawatan kulit yang ditargetkan dengan bahan-bahan khusus yang berfungsi untuk mengatasi masalah tertentu. Saat membeli toner, krim, serum, dan produk perawatan kulit lainnya, cari bahan seperti AHA (seperti asam glikolat dan laktat), antioksidan seperti vitamin C, dan resveratrol. Bahan penting lainnya termasuk niacinamide, retinol, dan ceramides. Bahan-bahan ini merawat kulit, meningkatkan pengelupasan kulit, meningkatkan pergantian sel, dan menjaga kulit tampak awet muda.

6. Konsumsi Suplemen yang Tepat
Pasca usia 30, tubuh memasuki fase pemeliharaan, dan perlu mendukungnya dengan nutrisi yang cukup dan tepat. Hal yang sama berlaku untuk kulit. Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin dan kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Konsultasikan dengan penyedia perawatan kesehatan atau ahli gizi untuk mengambil suplemen yang tepat yang Anda butuhkan.

7. Lakukan Perawatan Wajah Secara Reguler dan Gunakan Masker Wajah
Facial meningkatkan kilau dan menjaga kesehatan kulit. Perawatan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit. Jika dikombinasikan dengan produk anti-penuaan, facial juga dapat menunda tanda-tanda penuaan. Anda dapat mengunjungi salon atau mencoba melakukan perawatan wajah di rumah. Anda juga dapat mencoba masker wajah untuk memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit, seperti bahan-bahan DIY atau membeli masker lembar.

8. Gunakan Krim di Bawah Mata
Usia 30-an juga bisa menghadirkan masalah kulit lain seperti mata bengkak, mata panda dan kekeringan di sekitar mata. Untuk melawannya, Anda membutuhkan krim bawah mata khusus. Karena kulit di bawah mata lebih halus dan lebih tipis daripada bagian wajah lainnya. (Baca juga: Tak Mau Gagal Nikah Lagi, Gading Marten Hati-hati Pilih Pasangan Hidup )

9. Jaga Tubuh
Rutinitas perawatan kulit tidak hanya terbatas pada wajah. Kulit di seluruh tubuh juga perlu diperhatikan. Saat menggunakan krim wajah atau serum, Anda mungkin menerapkannya ke leher. Selain itu gunakan krim tangan yang menghidrasi. Kulit di bagian belakang telapak tangan lebih tipis dan bisa menua lebih cepat. Eksfoliasi kulit di tubuh seminggu sekali dengan lulur atau loofah juga penting. Gunakan body lotion pelembab setiap hari dan coba aplikasikan pada kulit yang lembab.

10. Gunakan Sampo dengan Bijak
Sampo biasanya mengandung surfaktan (seperti SLS). Keramas yang berlebihan bisa melemahkan rambut. Saat mengoleskan sampo, encerkan dalam setengah cangkir air dan gunakan untuk mencuci rambut. Selain itu, pastikan tidak memijat kulit kepala dengan kuku. Hindari mencuci rambut setiap hari. Ini bisa membuat rambut menjadi kering.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)