Bolehkah Langsung Mandi Usai Berolahraga?

loading...
Bolehkah Langsung Mandi Usai Berolahraga?
Setelah olahraga, hal pertama yang ingin dilakukan adalah melepaskan perlengkapan yang berkeringat dan bergegas untuk mandi. Tapi, bolehkan demikian? Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Setelah olahraga, hal pertama yang ingin dilakukan adalah melepaskan perlengkapan yang berkeringat dan bergegas untuk mandi.

Mandi setelah berolahraga tidak hanya membuat rileks, tetapi juga mengurangi risiko ruam dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dengan cepat di kulit karena tubuh yang berkeringat. (Baca juga: Ikutin Yuk Cara Hilangkan Jerawat Ala Aktor Korea Kim Soo Hyun)

Mandi air dingin setelah olahraga memang terdengar menggoda, tetapi Anda harus menahan. Dilansir Times of India, sangatlah penting untuk menunggu setidaknya 20 menit setelah olahraga sebelum mandi.

Setelah rutin berolahraga, penting untuk melakukan pendinginan sebelum meninggalkan tempat. Pendinginan adalah kebalikan dari pemanasan. Peregangan intensitas rendah dan pendinginan sangat penting karena tubuh perlu kembali ke keadaan istirahat.



Lebih penting lagi, ini membantu menormalkan detak jantung dan suhu tubuh. Idealnya, setelah berhenti mengeluarkan banyak keringat dalam waktu sekitar 20-30 menit, Anda dapat langsung mandi.

Meskipun menunggu terasa sangat membosankan, Anda dapat menggunakan waktu ini untuk mengembalikan cairan tubuh, dengan minum banyak air atau jus. Jadi, sebelum mandi sangat penting untuk memberi waktu pada tubuh untuk mengeringkan keringat dan menenangkan diri. (Baca juga: Vitamin D Diyakini Bisa Lindungi Komplikasi Coronavirus)
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top