Susu vs Jus Jeruk, Mana yang Lebih Sehat Saat Sarapan?

Senin, 23 November 2020 - 13:30 WIB
loading...
Susu vs Jus Jeruk, Mana yang Lebih Sehat Saat Sarapan?
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Sarapan adalah kegiatan pagi hari yang sangat penting, namun sebagian orang justru banyak melewatkannya karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk sarapan. Pada saat sarapan, tubuh Anda sebetulnya dapat memanfaatkan makanan apa pun yang Anda konsumsi dan memberi energi untuk menjalani hari.

Sarapan juga menghentikan puasa delapan jam Anda saat Anda sedang tidur dan karenanya sel dalam tubuh membutuhkan bahan bakar untuk mengisi ulang energi dalam tubuh. Sangat penting untuk makan makanan padat nutrisi di pagi hari, namun ada sebuah dilema yang kita semua hadapi ketika sarapan seperti minuman apa yang harus kita mulai saat sarapan, jus jeruk yang diperkaya vitamin C atau susu yang mengandung kalsium?

Baca juga : Makin Dekat, Kalina Oktarani Peluk Anak-anak Vicky Prasetyo

Seperti dilansir laman Times of India, Jus jeruk adalah sumber antioksidan yang sangat baik yang membantu tubuh kita bebas penyakit. Memiliki banyak kandungan vitamin C, jus jeruk melindungi tubuh dari gangguan seperti polusi udara, sinar UV yang berbahaya dan polusi lingkungan yang berbahaya. Anda bisa konsumsi satu gelas jus jeruk setiap hari saat sarapan, dengan bagitu anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum minum jus jeruk dan jangan sampai anda tidak mendapatkan manfaatnya. Jus jeruk biasanya dikonsumsi dalam bentuk kemasan, dengan begitu berarti ada beberapa gula tambahan yang kurang baik bagi tubuh. Selain itu, jika kita berbicara tentang jus jeruk segar, pada saat membuatnya, kita menghabiskan banyak lapisan nutrisi darinya dan kebanyakan air. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jus jeruk buruk bagi enamel gigi dan dapat merusaknya secara permanen.

Sementara itu susu merupakan penghasil kalsium murni, sejumlah penelitian telah mengkonfirmasi banyak manfaatnya dalam susu, tidak hanya kalsium tetapi juga protein, vitamin B12, dan beberapa lemak sehat. Secara tradisional susu juga dianggap sama dengan seluruh makanan karena manfaatnya yang tak terhitung dan membuat tubuh aktif.

Baca juga : Sambut Ultah sang Idola, Fan Song Hye-kyo Lakukan Aksi Sosial

Sama seperti Jus Susu juga sebenarnya memiliki beberapa kekurangan diantaranya Susu mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan bahkan obesitas.

Dalam debat ini, susu menang dan lebih baik anda minum saat sarapan ketimbang jus jeruk. Ada beberapa keunggulan susu dibanding jus jeruk seperti susu penuh kalsium dan memperkuat gigi Anda. Kedua, susu memberi lebih jumlah protein dibanding jus jeruk. Namun begitu bukan berarti, jus jeruk merupakan pilihan yang buruk. Asalkan Anda tidak terlalu bergantung pada satu minuman, minum jus jeruk di pagi hari diikuti dengan sarapan sehat dalam waktu satu jam setelah susu dapat membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua minuman ini.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)