Ini Cara Menentukan Pengisap Asap Dapur yang Tepat

Selasa, 24 November 2020 - 15:32 WIB
loading...
Ini Cara Menentukan Pengisap Asap Dapur yang Tepat
Alat pengisap asap di dapur diperlukan untuk menghilangkan bau tak sedap di area itu. (Foto: Dok/Modena)
A A A
JAKARTA - JAKARTA - Menghadirkan alat pengisap asap di dapur bisa menjadi solusi untuk meminimalisir gangguan asap dan udara tidak sedap. Namun, jangan salah dalam memilihnya.

Sejatinya, dapur harus memiliki sistem pengudaraan yang baik. Ada jendela yang bisa mengalirkan udara segar masuk ke dalam dapur, sekaligus membuang aroma tidak sedap yang sering timbul saat proses memasak dilakukan.

Tapi, keterbatasan ruang menjadi kendala utama dalam menyediakan sirkulasi udara yang layak bagi dapur. Namun, banyak orang berusaha mencari jalan keluarnya, seperti dengan menggunakan alat pengisap asap (cookerhood).

"Umumnya, ukuran pengisap asap dibuat sama dengan ukuran kompor yang tersedia di pasaran. Ada yang ukurannya 60 cm, 70 cm, 80 cm, dan 90 cm. Agar pengisap asap bekerja lebih efektif, pilih yang lebarnya sama dengan lebar kompor," ujar desainer interior, Andy Rahman.

Bila sudah menentukan ukurannya, lantas bagaimana mengukur seberapa kuat daya isap cookerhood yang dibutuhkan untuk dapur idaman Anda? Contohnya, dapur dengan ukuran 3 m x 4 m dengan tinggi 2,7 m membutuhkan daya isap sebesar (3 x 4 x 2,7) x 10 = 324 m3/h.

Namun, jenis masakan yang biasa dimasak juga menentukan besarnya daya yang dibutuhkan. "Keluarga yang membutuhkan kompor u‎ntuk memasak masakan ringan dan siap saji, hanya membutuhkan alat pengisap sebesar 200 sampai 300 m3/h," jelasnya.

Tentunya berbeda dengan keluarga yang terdiri dari 3 sampai 4 orang, yang sering menghidangkan aneka makanan. Membutuhkan pengisap asap ‎dengan daya 300 sampai 400 m3/h.

Jika Anda memiliki keluarga besar atau Anda sering mengadakan jamuan makan, sebesar apa pun ukuran dapurnya, pengisap asap yang memiliki daya lebih dari 400 m3/h sangat ideal. Menurut Nazarudin, Promotion Manager PT Indomo Mulia pemegang merek Modena, pada dasarnya hanya ada dua tipe pengisap asap yang pertama adalah pengisap asap yang mendaur ulang hasil isapnya.

"Asap dari dapur diisap, kemudian disaring dengan filter karbon aktif yang bisa menyaring kotoran dan menghilangkan bau," tambahnya.

Selanjutnya, ada tipe yang dikenal dengan chimney cookerhood (pengisap asap berbentuk cerobong). Pengisap asap ini membuang hasil isapnya ke luar rumah melalui sebuah pipa.

"Jenis ini juga cocok untuk dapur yang menggunakan model pulau. Untuk pengisap asap model ini udara hasil saringannya tidak dikembalikan lagi ke dalam ruangan, sehingga kualitas udara di dalam lebih baik," kata Nazarudin.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)