Semprotan Hidung Ini Diklaim Mampu Hancurkan Virus Corona Baru

Rabu, 25 November 2020 - 20:51 WIB
loading...
Semprotan Hidung Ini Diklaim Mampu Hancurkan Virus Corona Baru
Survei pengguna menemukan bahwa semprotan itu mengurangi risiko infeksi Covid-19 hingga 78%. / Foto: Ilustrasi/Health Europa
A A A
JAKARTA - Semprotan hidung Taffix diklaim mampu menghancurkan 99% virus corona baru . Dalam penelitian laboratorium, yang dipimpin Profesor Barbara Mann dari departemen penyakit menular universitas dan kesehatan internasional, menunjukkan bahwa Taffix membunuh 99,99% dari virus corona baru yang menyebabkan Covid-19.

(Baca juga: Bau Urine Sangat Menyengat, Hati-Hati Diabetes Tipe 2 )

Terlebih lagi, survei pengguna menemukan bahwa semprotan itu mengurangi risiko infeksi Covid-19 hingga 78%. Formulasi Taffix dapat bekerja dalam 50 detik dan setiap aplikasi memberikan perlindungan selama lima jam, menurut para peneliti.

Semprotan hidung tidak menyebabkan penyumbatan, dan gel pelindung sangat tidak mengganggu, sehingga mentol ditambahkan dan pengguna tahu dosis terukur telah diberikan. Menurut peneliti , lapisan pelindung sudah terpasang.

"Taffix bukanlah pengganti masker, ini adalah lapisan perlindungan tambahan," kata Dr Dalia Meggido, salah satu pendiri dan kepala eksekutif Nasus Pharma, perusahaan biofarma Israel yang mengembangkan semprotan hidung seperti dilansir Daily Express, Rabu (25/11).

"Masker jelas membantu mencegah infeksi, tetapi tidak menawarkan perlindungan 100%. Taffix memberikan lapisan perlindungan tambahan, yang sangat berguna dalam lingkungan berisiko tinggi seperti transportasi umum, toko, dan sekolah, pada dasarnya semua ruang tertutup," lanjutnya.

Taffix menggunakan hipromelosa atau dikenal sebagai hidroksipropil metilselulosa (HPMC), yang merupakan bubuk pembentuk gel yang ditemukan dalam semprotan hidung anti alergi dan produk yang dirancang untuk menargetkan dan menghilangkan flu biasa.

Produk ini telah dikembangkan untuk memperbaiki formulasi yang ada dengan membuat partikel menjadi lebih kecil. Dalam produk yang ada, partikel berkisar antara 0,2 mikron dan 400 mikron, dengan ukuran partikel rata-rata 72,6 mikron.

Sebagai perbandingan, partikel di Taffix berukuran hanya 10 mikron hingga 100 mikron, dan ukuran rata-rata 19,1 mikron. Ada juga banyak variasi dalam bentuk partikel yang ditemukan pada produk HPMC komersial, catat para peneliti, yang menciptakan celah dan titik lemah pada lapisan gel.

Partikel di Taffix berbentuk bola seragam, yang membuatnya lebih efektif dalam menghentikan virus dan partikel kecil lainnya mencapai membran hidung. Mengomentari temuan tersebut, Dr Gill Jenkins menjelaskan PH rongga hidung biasanya sekitar 6,8, yang hampir netral pada skala keasaman hingga alkalinitas. Sayangnya ini adalah lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan virus.

(Baca juga: Aktor Pendukung Positif Covid-19, Dua Drama Korea Ini Setop Syuting )

"Studi menunjukkan bahwa tidak ada virus pernapasan, termasuk virus corona, yang dapat bertahan dalam pH 3,5 (yang sedikit asam) atau di bawahnya tanpa merusak sel mukosa hidung," paparnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)