Waspada! Diabetes Bisa Perparah Infeksi Covid-19

Kamis, 26 November 2020 - 08:50 WIB
loading...
Waspada! Diabetes Bisa Perparah Infeksi Covid-19
Penderita diabetes akan lebih parah kondisinya bila terinfeksi Covid-19. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Orang dengan diabetes dan penyakit mata memiliki peningkatan risiko lima kali lipat untuk memerlukan intubasi saat dirawat di rumah sakit dengan Covid-19. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice, mengidentifikasi untuk pertama kalinya risiko terkait diabetic retinopati diabetik dan Covid-19.

"Ini pertama kalinya retinopati dikaitkan dengan Covid-19 yang parah pada penderita diabetes," kata penulis studi Antonella Corcillo dari King's College London di Inggris dilansir dari Times Now News, Kamis (26/11).

Baca juga : Bau Urine Sangat Menyengat, Hati-Hati Diabetes Tipe 2

"Retinopati adalah penanda kerusakan pada pembuluh darah dan hasil kami menunjukkan bahwa kerusakan yang sudah ada sebelumnya pada pembuluh darah dapat mengakibatkan infeksi Covid-19 yang lebih parah yang membutuhkan perawatan intensif," tambah Corcillo.

Studi tersebut meneliti 187 orang dengan diabetes (179 dengan diabetes tipe 2 dan delapan dengan diabetes tipe 1) yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19. Retinopati diabetik dilaporkan pada 67 (36%) pasien, sebagian besar dengan latar belakang retinopati.

Dari 187 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 parah, 26% diintubasi dan 45% dari pasien ini menderita retinopati. Retinopati dikaitkan dengan peningkatan risiko lima kali lipat untuk intubasi. Dalam kohort, 32% pasien meninggal dan tidak ada hubungan yang diamati antara retinopati dan mortalitas.

Menurut para peneliti, ada semakin banyak bukti bahwa ada kerusakan signifikan pada pembuluh darah di paru-paru dan organ lain pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 parah. Orang dengan diabetes berisiko tinggi mengalami komplikasi vaskular yang memengaruhi pembuluh darah besar dan kecil.

Baca juga : Kebiasaan Main Gadget Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

"Kami berhipotesis bahwa adanya penyakit pembuluh darah terkait diabetes seperti retinopati dapat mengakibatkan kerentanan yang lebih besar terhadap kegagalan pernapasan pada Covid-19 yang parah," jelas penulis studi Janaka Karalliedde.

Para peneliti mencatat bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki kemungkinan mekanisme yang menjelaskan hubungan antara penanda dan manifestasi penyakit pembuluh darah diabetes seperti retinopati dan Covid-19 yang parah.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)