Tips Atasi Depresi karena Belum Hamil seperti yang Dialami Siti Badriah

Kamis, 26 November 2020 - 11:57 WIB
loading...
Tips Atasi Depresi karena Belum Hamil seperti yang Dialami Siti Badriah
Penyanyi dangdut Siti Badriah dikabarkan sempat mengalami depresi dan tertekan karena sering mendapat pertanyaan kapan memiliki anak. / Foto: Instagram @sitibadriahh
A A A
JAKARTA - Penyanyi dangdut Siti Badriah dikabarkan sempat mengalami depresi dan tertekan. Suami Siti Badriah , Krisjiana mengatakan, kondisi ini dialami sang istri karena sering mendapat pertanyaan kapan memiliki anak.

(Baca juga: Bau Urine Sangat Menyengat, Hati-Hati Diabetes Tipe 2 )

Kendati demikian, keduanya tidak ingin mendengarkan ucapan orang lain. Karena itu, pasangan yang sudah menikah selama satu tahun ini sepakat belum ingin menjalani program hamil .

Beberapa penelitian terbaru menemukan hubungan antara tingkat stres wanita sehari-hari dan penurunan peluang kehamilan. Misalnya, wanita yang air liurnya memiliki tingkat alfa-amilase yang tinggi, enzim yang menandai stres , membutuhkan waktu 29% lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang kurang.

Sekitar 1 dari 10 wanita usia subur mengalami kesulitan hamil. Biasanya ada sebab fisik, seperti saluran tuba yang tersumbat. Tapi seiring berlalunya bulan tanpa pembuahan, stres bisa muncul.

"Wanita yang berjuang dengan infertilitas memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang sama dengan wanita yang didiagnosis dengan kanker atau HIV," kata Domar, seorang peneliti infertilitas lama yang juga direktur layanan pikiran/tubuh di Boston IVF seperti dilansir WebMD, Kamis (26/11).

Ada beberapa cara mengatasi stres yang dapat dilakukan wanita karena belum hamil. Pertama adalah terapi bicara untuk membantu mengubah perasaan. Anda belajar untuk menantang pikiran negatif seperti tidak akan pernah hamil atau menyalahkan diri sendiri.

Penting juga bagi para wanita dan pasangan mereka untuk berbicara dan mendengarkan satu sama lain tentang perjuangan bersama mereka. Bergabung ke dalam kelompok pendukung, juga dapat membantu meringankan beban mental dan emosional dari ketidaksuburan.

Lauren Wise, ScD, profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Boston, memaparkan, aktivitas fisik menurunkan stres dan meningkatkan kesuburan. Berolahraga secara moderat, 1 hingga 5 jam seminggu seperti berjalan, meningkatkan kemungkinan konsepsi dalam penelitian yang dilakukan oleh Wise. Tetapi wanita yang berolahraga lebih keras cenderung hamil.

Salah satu penurunan stres adalah kecenderungan makan untuk kenyamanan emosional. Kelebihan berat badan atau obesitas membuat lebih sulit untuk hamil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami obesitas tiga kali lebih mungkin mengalami kesulitan hamil dibandingkan wanita lain.

(Baca juga: Bau Urine Sangat Menyengat, Hati-Hati Diabetes Tipe 2 )

Saat stres, Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan olahan dan manis. Tetapi wanita yang mengikuti diet Mediterania yang kaya akan biji-bijian, asam lemak omega-3, ikan, dan kedelai lebih mungkin hamil daripada mereka yang makan makanan tinggi lemak dan banyak diproses.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)