Fungsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan

loading...
Fungsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan menghancurkan buah zaitun, kemudian memisahkan minyaknya, hal ini baik untuk diet mediterania. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Tanaman Zaitun dan minyak zaitun memiliki sejarah panjang dalam hal kesehatan. Menurut beberapa penelitian, zaitun memiliki beragam manfaat kesehatan. Ada banyak bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Seperti dilansir Boldsky, minyak zaitun dibuat dengan menghancurkan buah zaitun, kemudian memisahkan minyaknya, dimana minyak ini memainkan peran juga dalam penerapan diet mediterania. (Baca juga: Sensasi Makan Kambing Zaitun sampai Kambing Uleg )

Zaitun juga dikenal memiliki kandungan rendah kolesterol dan sumber serat makanan yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan usus yang baik. Zaitun juga kaya akan zat besi dan tembaga.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti diet sehat dapat membantu seseoarang untuk mendapatkan hidup yang lebih lama. Satu studi terhadap hampir 26.000 wanita menemukan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit kardiovaskular hingga 28% dibandingkan dengan diet lainnya.



Diet Mediterania melibatkan asupan harian biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Orang yang mengikuti diet ini makan ikan dan daging tanpa lemak dalam jumlah sedang tetapi membatasi daging merah dan olahan untuk 2-3 porsi per bulan.

Diet ini sangat menekankan adanya pertukaran lemak yang tidak sehat, seperti lemak trans dan lemak jenuh yang terdapat dalam mentega dan margarin, dengan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang ada dalam zaitun dan minyak zaitun.

Zaitun juga merupakan sumber oleat yang baik, yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal mengurangi risiko kematian dini dibandingkan dengan orang yang makan lebih banyak karbohidrat.



The American Heart Foundation juga menyatakan bahwa lemak tak jenuh tunggal memiliki efek yang menguntungkan pada kesehatan jantung ketika seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah sedang. Minyak zaitun murni juga tinggi kandungan jenis antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. (Baca juga: RCTI Kuasai Top 3 Program Prime Time, AMI Awards Tembus Audience Share 21,2%! )

Sementara itu, beberapa orang juga percaya bahwa antioksidan ini dapat memperlambat perkembangan penyakit neurodegeneratif dan bahkan kanker. Perlu dicatat bahwa produsen makanan biasanya mencampurkan zaitun dalam air garam, yang memiliki kandungan garam tinggi. Seiring waktu, kelebihan kadar garam dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke, sehingga seseorang sebaiknya mengonsumsi zaitun dalam jumlah sedang.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top