10 Daftar Penyakit Mematikan, Apakah Covid-19 Termasuk?

Minggu, 29 November 2020 - 05:25 WIB
loading...
A A A
Flu, bronkitis, tuberkulosis, dan pneumonia adalah sumber infeksi di paru-paru. Virus dan bakteri jahat masuk ke saluran pernapasan , menyebabkan gejala utama seperti batuk, sesak napas atau sesak di dada, dan mengi. Jika tidak ditangani, infeksi saluran pernapasan bagian bawah dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, disarankan untuk memperbarui vaksinasi flu setiap tahun. Hindari penyebaran atau penularan bakteri jahat dengan sering mencuci tangan, terutama sebelum makan dan menyentuh wajah.

4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Kondisi ini membuat sulit bernapas dalam jangka waktu lama. Emfisema dan bronkitis kronis adalah beberapa jenis PPOK progresif yang paling umum. Diperkirakan 64 juta orang tercatat hidup dengan penyakit paru pada 2004. Anda juga dapat mencegah penyakit ini dengan berhenti merokok, menghindari asap rokok orang lain, dan penyebab iritasi paru-paru lainnya.

5. Kanker pernapasan

Penyakit ini termasuk kanker bronkus, trakea, paru-paru dan laring. Faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya jenis kanker ini termasuk asap rokok, partikel beracun, merokok, jamur di rumah dan racun lingkungan lainnya. Sebuah studi tahun 2015 melaporkan bahwa kanker pernapasan menyebabkan sekitar empat juta kematian setiap tahun, terutama di negara berkembang. Meski mereka yang merokok paling berisiko untuk mengalami kondisi ini, hal itu bisa terjadi pada siapa saja. Metode pencegahan yang paling jelas adalah berhenti merokok, atau tidak memulai.

6. Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu mengolah makanan dan gula yang masuk ke aliran darah dengan baik sehingga menyebabkan penumpukan racun di dalam darah. Ini karena jumlah hormon insulin yang tidak mencukupi. Diabetes tipe 1 menyerang pasien di usia muda, di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa, di mana pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Diabetes tidak dapat disembuhkan kecuali mengetahuinya pada tahap awal dan hanya dapat mengelola gejala dan membuat perubahan gaya hidup.

7. Penyakit Alzheimer dan demensia

Alzheimer , bersama dengan jenis demensia lainnya, adalah penyakit lambat dan progresif yang menghancurkan fungsi mental dan memori. Pemikiran, penalaran, dan kebiasaan normal terputus dan akhirnya hancur. Sekitar 60% -80% kasus demensia cenderung disebabkan oleh Alzheimer. Ini dimulai dengan masalah memori ringan seperti kesalahan dalam mengingat informasi atau tidak dapat mengingat sesuatu. Kondisi ini memburuk sampai pasien tidak dapat mengingat apa yang terjadi dalam waktu yang lama. Penurunan fungsi otak tersebut dapat mengakibatkan kematian bagi penderita demensia.

8. Dehidrasi akibat penyakit diare
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)