10 Daftar Penyakit Mematikan, Apakah Covid-19 Termasuk?

Minggu, 29 November 2020 - 05:25 WIB
loading...
A A A
Diare tersebar luas di negara berkembang dengan kondisi sanitasi yang buruk, tetapi Anda dapat mengalami diare di mana pun di dunia. Ini disebabkan oleh virus atau bakteri usus yang ditularkan melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Jika Anda mengalami diare dan itu berlangsung lebih dari beberapa hari, tubuh Anda akan kehilangan terlalu banyak air dan garam. Dehidrasi parah bisa menyebabkan kematian. Cara terbaik untuk mencegah diare adalah berhati-hati saat makan dan minum, dan menjaga kebersihan. Mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi insiden diare hingga 40%.

9. Tuberkulosis (TBC)

TBC adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri di udara yang disebut mycobacterium tuberculosis. Meskipun dapat diobati, beberapa strain cukup kuat untuk tidak merespons pengobatan konvensional, dan ini adalah salah satu penyebab utama kematian pada pasien HIV / AIDS. Mereka yang berisiko mengembangkan TBC termasuk mereka yang memiliki berat badan rendah, infeksi HIV dan diabetes, dan mereka yang menggunakan obat-obatan seperti kortikosteroid atau penekan sistem kekebalan. Namun, sejak 2000, jumlah kasus TB telah turun 1,5% setiap tahun.

(Baca juga: Nyeri Haid Bisa Diredakan dengan Konsumsi 6 Makanan Ini! Apa Saja? )

10. Sirosis hati

Hati yang berfungsi dengan baik menyaring zat berbahaya dari darah. Zat eksternal dapat merusak hati, membentuk jaringan parut. Sirosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh jaringan parut kronis atau jangka panjang dan kerusakan pada hati. Ini bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, hepatitis atau alkoholisme kronis. Hati dipaksa untuk bekerja lebih keras karena jaringan parut terus terbentuk. Hindari penggunaan dan penyalahgunaan alkohol dalam jangka panjang, karena ini adalah salah satu penyebab utama sirosis.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4319 seconds (0.1#10.140)