Manfaat Kesehatan dan Nutrisi Susu Kambing

Minggu, 29 November 2020 - 23:30 WIB
loading...
Manfaat Kesehatan dan Nutrisi Susu Kambing
Susu kambing padat gizi dan menjadi sumber nutrisi penting. Foto Ilustrasi/Getty Images/Jose A Bernat Bacete
A A A
JAKARTA - Susu kambing adalah jenis produk susu yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Diperkirakan lebih dari 65% populasi dunia minum susu jenis ini.

Susu kambing juga diyakini sebagai alternatif yang sangat baik sebagai pengganti susu sapi karena kaya akan nutrisi penting, lebih mudah dicerna, dan sedikit lebih rendah laktosa. Susu kambing juga sangat serbaguna karena bisa digunakan untuk membuat keju, smoothie, sabun, dan produk perawatan kulit.

( )

Selain itu, susu ini juga padat nutrisi dan sumber nutrisi penting seperti lemak, protein, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin A, kalsium, dan fosfor.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing mengandung 25% lebih banyak vitamin B6, 47% lebih banyak vitamin A, dan 13% lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Susu kambing juga kaya asam lemak rantai menengah yang memiliki manfaat kesehatan yang unik.

Susu kambing lebih kental dan lebih lembut daripada susu sapi atau susu nabati lain. Berikut adalah manfaat kesehatan dari susu kambing.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Mengonsumsi susu kambing akan menjaga kesehatan jantung Anda karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting yang bermanfaat bagi jantung dan membantu untuk menjaga detak jantung teratur, mencegah pembentukan gumpalan darah, serta meningkatkan kolesterol baik

2. Mendukung Kesehatan Tulang
Susu kambing kaya akan kalsium, mineral penting yang membantu memperkuat tulang dan gigi Anda. Mengonsumsi susu kambing akan memberi tubuh Anda jumlah kalsium yang cukup dan menurunkan risiko osteoporosis.

3. Menurunkan Peradangan
Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu melawan peradangan. Penelitian pada hewan menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek antiinflamasi pada kolitis dan karenanya, mungkin berguna dalam menangani penyakit radang usus.

4. Dapat Mengobati Anemia
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bioavailabilitas zat besi dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi Anda dan dapat mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

( )

5. Lebih Mudah Dicerna
Gumpalan lemak dalam susu kambing lebih kecil dan ini mungkin salah satu alasan mengapa susu lebih mudah dicerna. Orang dengan masalah pencernaan atau intoleran laktosa dapat dengan mudah mentolerir susu kambing.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)