Kadar Asam Urat Tinggi? Yuk Coba Atasi dengan Cara Ini!

Senin, 30 November 2020 - 13:20 WIB
loading...
Kadar Asam Urat Tinggi? Yuk Coba Atasi dengan Cara Ini!
Kadar asam urat yang tinggi bisa membuat kaki terasa sakit. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Asam urat merupakan produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi di beberapa makanan seperti daging tertentu, sarden, kacang kering dan bir. Purin juga terbentuk dan dipecah di dalam tubuh.

Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan, atau jika tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urin terlalu asam.

Baca juga : Kenali Penyakit Rematik dan Asam Urat, Apa Bedanya?

Asam urat dapat terkumpul di tubuh karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah diet, genetika, obesitas atau kelebihan berat badan dan stres. Berikut cara alami menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dilansir dari Health Line, Senin (30/11).

1. Batasi makan daging
Anda bisa membatasi sumber asam urat dalam makanan. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna.

Hindari atau kurangi asupan makanan seperti daging organ, babi, ikan, kerang, daging domba, daging sapi muda, kembang kol, kacang hijau, kacang kering dan jamur.

2. Hindari makanan manis
Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. Gula yang ditambahkan ke makanan antara lain gula meja, sirup jagung, dan sirup jagung fruktosa tinggi, adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan.

Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula khususnya dapat menyebabkan asam urat tingkat tinggi. Periksa label makanan untuk gula tambahan. Makan lebih banyak makanan utuh dan lebih sedikit makanan kemasan olahan juga dapat membantu mengurangi gula sekaligus memungkinkan Anda mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Baca juga : Hipertensi Bisa Diatasi Tanpa Obat, Begini Caranya!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)