7 Sayuran yang Baik untuk Ginjal Anda, Mulai Bayam hingga Kubis

loading...
7 Sayuran yang Baik untuk Ginjal Anda, Mulai Bayam hingga Kubis
Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi mengeluarkan produk limbah dari darah dan mengatur kadar cairan dalam tubuh. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi mengeluarkan produk limbah dari darah dan mengatur kadar cairan dalam tubuh.

Jadi, sangat penting untuk menjaga agar ginjal tetap berjalan dengan lancar dan sehat. Salah satu caranya, Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran, karena sayuran diyakini sangat baik untuk ginjal Anda. (Baca juga: Francia Raisa Pendonor Ginjal Selena Gomez Buka Suara soal Adegan dalam “Saved by the Bell” )

Selain itu, anda juga harus menghindari makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah banyak. Hal ini bisa menjadi langkah awal dalam merawat ginjal Anda.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut adalah sayuran yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan ginjal Anda.



1. Kubis
Sayuran ini mengandung phytochemical yang dapat membantu memecah radikal bebas yang dapat merusak tubuh Anda. Selain itu, Kubis juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, vitamin B6 dan asam folat yang baik.

2. Paprika Merah
Salah satu jenis paprika ini paprika dikenal sebagai sayuran yang aman bagi ginjal karena adanya kandungan potasium yang rendah.

3. Bawang putih
Bawang putih banyak kita jumpai sebagai tambahan makanan, namun jangan kesampingkan manfaatnya karena dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan lewat sifat diuretiknya yang dapat membantu menghilangkan natrium dan air berlebih dari tubuh Anda.



4. Kembang kol
Salah satu jenis sayuran yang mudah didapat, memiliki manfaat sebagai bahan tambahan dalam makanan yang bagus dimasukkan dalam menu diet anda. Kembang kol mengandung asam folat dan serat sehingga dapat membersihkan ginjal. (Baca juga: Fakta Bakteri Baik bagi Nutrisi Saluran Cerna Anak, Ayah-Ibu Harus Tahu! )

5. Bayam
Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, dimana Vitamin ini diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat, serta melapisi tabung penyaringan kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

6. Bawang
Bawang kaya akan kandungan senyawa belerang dan flavanoid, selain itu bawang juga mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan kuat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari kanker.

7. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah Sumber vitamin A, C, beta-karoten, vitamin B-6, serat dan kalium yang sangat baik. Selain itu, adanya Kandungan kalium dalam ubi jalar dikenal dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top