Jangan Salah, Olahraga Sore Dapat Berikan Manfaat Kesehatan yang Optimal

Rabu, 09 Desember 2020 - 18:06 WIB
loading...
Jangan Salah, Olahraga Sore Dapat Berikan Manfaat Kesehatan yang Optimal
Selama beberapa waktu, para ahli telah mencatat bahwa sore dan menjelang malam adalah waktu terbaik untuk berolahraga. / Foto: Ilustrasi/Jooinn
A A A
JAKARTA - Olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat dan aktif. Sementara beberapa orang lebih suka lari di pagi hari, yang lain menikmati olahraga sore. Beberapa orang bahkan berolahraga tepat sebelum tidur di malam hari. Apakah ada manfaatnya berolahraga pada waktu tertentu dalam sehari?

(Baca juga: Bahagia Itu Sederhana, Asalkan Kita Selalu Bersyukur )

Ini adalah topik yang banyak diperdebatkan di kalangan atlet , pakar olahraga, dan peneliti. Meskipun ada beberapa bukti bahwa sore hari adalah waktu yang optimal untuk berolahraga, di waktu yang lain jugamemiliki manfaat positif. Apa pun yang terjadi, waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang paling cocok untuk Anda.

Selama beberapa waktu, para ahli telah mencatat bahwa sore dan menjelang malam adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Menurut penelitian, Anda akan mendapatkan hasil yang optimal saat suhu tubuh berada pada titik tertinggi. Bagi kebanyakan orang, yaitu pukul 16.00-17.00, meskipun beberapa penelitian memperpanjang waktu ini untuk 19.00.

Pada pukul inilah kekuatan dan daya tahan mencapai puncaknya. Para olahragawan cenderung tampil lebih baik pada tes performa fisik yang mengukur kapasitas aerobik dan waktu reaksi juga. Ini juga waktu yang tepat untuk mencegah cedera . Anda mungkin lebih waspada dan fokus di sore hari dan otot menjadi hangat dari aktivitas hari itu.

Seperti dilansir Very Well Fit, di pagi hari, tepat sebelum Anda bangun, suhu tubuh berada di titik terendah dalam sehari. Ini menandakan bahwa pagi hari bukanlah waktu terbaik untuk berolahraga. Namun, ada beberapa keuntungan dari rutinitas pagi.

Seperti halnya berlari di pagi hari dapat membantu Anda tetap termotivasi. Penelitian menunjukkan bahwa olahragawan pagi hari lebih konsisten dengan program olahraganya dibandingkan dengan mereka yang berolahraga pada sore atau malam hari.

(Baca juga: Mengenal Kardiomegali, Pembengkakan Jantung yang Dialami Melisha Sidabutar )

Meskipun bukti waktu terbaik untuk berolahraga ada di mana-mana, intinya adalah olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali. Berolahragalah saat itu sesuai dengan jadwal Anda. Tidak peduli jam berapa melakukannya, Anda tetap akan mendapatkan semua manfaat dari olahraga teratur.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)