Uji Coba, Perawat Ini Rasakan Efek Vaksin Corona Mirip Infeksi Covid-19

Kamis, 10 Desember 2020 - 00:31 WIB
loading...
Uji Coba, Perawat Ini Rasakan Efek Vaksin Corona Mirip Infeksi Covid-19
Asisten profesor, Kristen Choi dari School of Nursing di UCLA melakukan uji coba vaksin virus corona baru Pfizer. Efek sampingnya mirip infeksi covid-19. Foto/USA Today.
A A A
JAKARTA - Seorang perawat mengungkapkan pengalamannya dengan efek samping vaksin covid-19 baru yang mirip dengan infeksi virus corona. Asisten profesor, Kristen Choi dari School of Nursing di UCLA berpartisipasi dalam uji coba vaksin virus corona baru Pfizer dan mengalami efek samping mengerikan yang memperingatkan orang lain tentang kemungkinan efek samping.

Choi menerima suntikan kedua selama percobaan dan mulai mengalami efek samping, seperti nyeri di bagian suntikan, sakit kepala, mual, dan demam tinggi. (Baca juga: Syukurlah, Vaksin Virus Corona Rusia Hasilkan Respons Imun di Uji Coba Awal )

Gejalanya sangat mirip dengan infeksi COVID-19 sehingga dia mulai khawatir tertular virus yang berasal dari Wuhan, China itu. Choi khawatir orang lain mungkin mengalami gejala serupa dan menunda pemberian vaksin.

Dilansir Express, Rabu (9/12), Choi mendaftar dalam penelitian tersebut pada Agustus dan menerima dua suntikan vaksin eksperimental. Namun, setelah suntikan kedua, dia mengalami sakit kepala, mual, menggigil dan bahkan mencapai demam hampir 40,5 celcius tertinggi dalam hidupnya.

Choi mengatakan gejalanya hilang setelah 24 jam dan mengungkap bahwa dokter perlu memperingatkan pasien tentang efek samping vaksin sehingga pesan yang salah tidak menjadi viral.

"Saya berpikir tentang mengapa mendapatkan vaksin eksperimental daripada plasebo penting bagi saya sebagai pekerja perawatan kesehatan, bahkan taruhannya tampak rendah ketika saya memikirkan seperti apa rasanya pengacakan bagi pasien," tulis Choi.

Choi juga mengalami rasa sakit dari tempat suntikan itu dimasukkan. “Lenganku dengan cepat menjadi sakit di tempat suntikan, lebih dari pertama kali. Pada penghujung hari, saya merasa pusing, kedinginan, mual, dan sakit kepala. Saya pergi tidur lebih awal dan segera tertidur," jelasnya.

“Sekitar tengah malam, saya bangun dengan perasaan lebih buruk, demam dan kedinginan, mual, pusing, dan hampir tidak bisa mengangkat lengan saya karena nyeri otot di tempat suntikan," lanjutnya.

Dokter telah menyarankan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) agar transparan dan terbuka tentang efek samping yang mungkin dialami orang setelah dosis pertama vaksin, termasuk nyeri otot, menggigil, dan sakit kepala. Menurut direktur Program Penelitian Vaksin Vanderbilt, Dr Buddy Creech, efek samping vaksin biasanya muncul pada minggu-minggu pertama tetapi hingga dua bulan setelah vaksinasi.

Efek samping ini termasuk demam, sakit kepala dan perasaan lelah. Seorang wanita berusia 59 tahun dengan tekanan darah tinggi dan osteoporosis yang merupakan peserta dalam percobaan Pfizer – BioNTech tahap 3 tidak tahu apakah dia menerima vaksin atau plasebo. Tapi dia tahu dia mengalami nyeri tubuh dan kelelahan setelah setiap suntikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)