Wanita Bisa Berperan dalam Pembangunan Desa Wisata

Kamis, 10 Desember 2020 - 22:15 WIB
loading...
Wanita Bisa Berperan dalam Pembangunan Desa Wisata
Peranan perempuan dalam desa wisata dapat diwujudkan melalui beberapa hal. Foto Ilustrasi/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak dan tantangan tersendiri bagi sejumlah industri di Indonesia, tak terkecuali sektor pariwisata.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang memiliki desa binaan Bakti BCA mencoba beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk tetap melanjutkan pembinaan desa wisata dengan menghadirkan webinar dengan tema “Peran Wanita dalam Pembangunan Desa Wisata”.

( )

Webinar ini menghadirkan Executive Vice President SK CSR BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Ira Bachtar, dan narasumber Pemerhati Desa Wisata Lia Afriza, Ketua Desa Wisata Samiran Boyolali Dayang Nevia Afriansari, serta Ibu Rumah Tangga dan Koordinator UMKM Desa Tamansari Wahyu Dwi Lestari.

“Tanggung jawab kami dalam pengembangan desa binaan terus kami wujudkan melalui pendampingan secara digital saat ini. Sesuai dengan imbauan yang dimiliki pemerintah dan SDGs untuk melibatkan perempuan dalam berbagai kegiatan, kami mendukung keterlibatan peranan perempuan dalam pembangunan desa wisata,” ujar Inge dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Melalui dukungan tersebut, Inge ingin memotivasi perempuan Indonesia untuk tetap berkarya dalam keadaan apapun dan di manapun.

Menurutnya, peranan perempuan dalam desa wisata dapat diwujudkan melalui beberapa hal seperti koordinator pengelolaan desa wisata maupun memberikan inovasi pengembangan produk kerajinan yang ada di desa wisata.

“Perempuan harus bangkit dalam melawan pandemi dengan menunjukkan potensi kepemimpinan maupun kreativitas yang dapat diasah melalui program inspiratif seperti webinar ini contohnya,” ucap Inge.

( )

Ia menambahkan, pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini tidak menjadi penghalang dalam melakukan pendekatan dan upaya monitoring desa binaan yang di kelola. “Salah satunya adalah konsistensi dalam memberikan dukungan para pengurus dan pemilik homestay agar tetap dapat berinovasi dan berkreasi untuk menyambut era baru berlibur setelah pandemi nanti,” tutup Inge.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2679 seconds (0.1#10.140)