alexametrics

Jaga Sistem Kekebalan Tubuh saat Puasa dengan Cara Ini

loading...
Jaga Sistem Kekebalan Tubuh saat Puasa dengan Cara Ini
Puasa diyakini bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara, termasuk efek positifnya pada sistem kekebalan tubuh. / Foto: ilustrasi/Texas Heart Institute
A+ A-
JAKARTA - Umat Islam di seluruh dunia saat ini tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan. Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat selama menjalani puasa Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti dilansir Times Now News, peneliti dari University of Southern California, Amerika Serikat, Dr Valter Longo dalam penelitiannya di 2014 menemukan bahwa puasa selama tiga hari dapat mengatur ulang sistem kekebalan tubuh.

Sementara dokter NHS dan dosen senior salah satu Universitas di Inggris, Dr Amir Khan mengatakan bahwa puasa selama bulan Ramadhan dapat meningkatkan kekebalan.



Puasa juga diyakini bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara, termasuk efek positifnya pada sistem kekebalan tubuh karena dapat mengurangi jumlah peradangan yang dapat terjadi pada sel-sel di sekitar tubuh.

Lantas, apakah puasa dapat melindungi kita terhadap virus corona? Dr Amir Khan mengatakan, karena ini menjadi Ramadhan pertama saat pandemi Covid-19, tidak mungkin untuk mengetahui apakah puasa dapat menawarkan beberapa tingkat perlindungan terhadap penyakit tersebut.

"Jadi, penting untuk tetap berpegang pada hal-hal yang kita tahu selama ini yaitu menjaga jarak, cuci tangan, jaga kebersihan dan isolasi diri. Sebagian besar risiko dapat dihindari dengan mencuci tangan dan bagi mereka yang tinggal di rumah," ungkap dr Amir Khan.

Ada beberapa cara untuk menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat selama puasa di antaranya adalah perhatikan asupan makronutrien yang memadai seperti karbohidrat, protein dan lemak dan nutrisi mikro seperti vitamin C hingga zat besi sangat penting. Jangan lupa konsumsi berbagai makanan sehat termasuk banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan yang berbeda warna.
(nug)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak