Ingin Mengatasi Stres dengan Cara Mudah? Berikut Ini Tipsnya!

Senin, 14 Desember 2020 - 16:31 WIB
loading...
Ingin Mengatasi Stres dengan Cara Mudah? Berikut Ini Tipsnya!
Stres bila tak dikelola bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Foto/Healthline.com
A A A
JAKARTA - Stres merupakan bagian normal dari kehidupan kita. Banyak sekali yang membuat kita mudah mengalami stres mulai dari pekerjaan, sekolah, keluarga, hubungan, lingkungan dan banyak. Bila kondisi ini bisa bilang sangat normal, kita tidak dapat menghindarinya.

Stres bisa digambarkan sebagai suatu kondisi di mana ada tekanan emosional yang besar atau menyentuh sisi psikologis, frustrasi dan perasaan negatif lainnya, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional seseorang.

Namun begitu, kita jangan terus terlena dengan kondisi seperti itu. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres, karena jika kita bijak mengelola stres, kita akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh stres seperti obesitas .

Baca juga : 1 dari 4 Balita Minum Kental Manis Setiap Hari, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan!

Berikut adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres seperti dilansir laman Boldsky.

Hindari Alkohol dan Nikotin

Kurangi atau sebaiknya Hindari sama sekali konsumsi nikotin dan minuman apa pun yang mengandung alkohol dan kafein. Sebaiknya anda mencoba minuman yang lebih sehat seperti air, teh herbal, atau jus buah alami.

Makan dengan Benar

Konsumsi makanan yang seimbang dan menerapkan diet yang sehat sangat membantu dalam mengatasi stres. Anda bisa makan makanan seperti almond, pisang, susu dalam menu diet Anda karena dapat mengelola tingkat stres Anda

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga bukan berarti selalu harus di gym atau studio yoga, anda bisa mencoba yang lebih sederhana seperti berjalan di sekitar rumah atau kantor.

Tidur Cukup

Stres biasanya diakibatkan karena kita Tidur selalu kurang dari 7-8 jam dan Ketika kita stres, lalu kita kurang tidur, itu hanya menambah masalah dan membuat anda semakin stres.

Baca juga : Aman Beraktivitas di Luar Rumah ala Tasya Kamila

Mendengarkan Musik

Ketika Anda sedang stres, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik yang anda sukai. Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa ada efek positif dari musik pada otak dan tubuh seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, yaitu hormon yang berhubungan dengan stres.


Minum Teh


Minum teh hijau ketika Anda sedang stres diyakini dapat membantu Anda menghilangkan stres karena Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda. (Iman Firmansyah)
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)