Berisiko Terinfeksi, Bolehkah Wanita Hamil Disuntik Vaksin Covid-19?

Selasa, 15 Desember 2020 - 17:02 WIB
loading...
A A A
"Namun, Public Health England telah mengonfirmasi bahwa bukti yang tersedia saat ini tidak menunjukkan adanya masalah keamanan atau bahaya pada kehamilan. Tidak ada bukti bahaya, tetapi juga tidak ada bukti keamanan saat ini karena wanita hamil, seperti biasa, dikeluarkan dari semua uji coba vaksinasi," lanjutnya.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa ibu dapat menularkan Covid-19 ke bayi mereka yang belum lahir, tidak ada bukti bahwa wanita hamil lebih cenderung menjadi sakit parah dibandingkan kelompok lain. Juga tidak ada indikasi bahwa tertular penyakit dapat membahayakan janin yang belum lahir dengan cara apa pun, karena kebanyakan bayi dan anak-anak dengan Covid-19 tidak menunjukkan gejala.

(Baca juga: Icip-Icip Menu Batak Karo yang Kaya Rempah di Lidah )

Wanita hamil tidak diikutsertakan dalam uji coba yang disiapkan secara cepat oleh Pfizer atau Oxford karena pekerjaan lab tambahan harus dilakukan sebelum mereka dapat mendaftar. "Kami harus menyelesaikan studi toksikologi tertentu sebelum kami dapat mendaftarkan wanita hamil dalam uji coba, dan itu semua dalam tahap perencanaan saat ini," ujar Profesor Sarah Gilbert, salah satu pengembang vaksin Oxford.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)