Jangan Sepelekan Nyeri Rahang, Bisa Indikasikan Serangan Jantung

Kamis, 17 Desember 2020 - 09:14 WIB
loading...
Jangan Sepelekan Nyeri Rahang, Bisa Indikasikan Serangan Jantung
Serangan jantung terjadi ketika kematian sel mengakibatkan jaringan jantung rusak atau hancur. Salah satu gejalanya adalah nyeri pada rahang. Anda pun harus waspada. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Serangan jantung terjadi ketika kematian sel mengakibatkan jaringan jantung rusak atau hancur. Menurut Mayo Clinic, ini adalah salah satu dari sejumlah kondisi yang terkait dengan sindrom koroner akut atau istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang menyebabkan aliran darah yang tiba-tiba berkurang ke jantung.

Gejala yang terkait dengan serangan jantung dapat berkisar dari nyeri dada hingga mual. Nyeri di rahang adalah gejala kondisi berbahaya yang kurang diketahui. (Baca juga: Kakao Dapat Kurangi Risiko Serangan Jantung dan Demensia )

“Mempelajari tanda-tanda serangan jantung dan ingat bahwa meskipun Anda tidak yakin itu serangan jantung, periksalah. Seperti halnya pria, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan," kata American Heart Association.

"Tapi wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual atau muntah dan sakit punggung atau punggung atau rahang," sambungnya.

Dr Steven Bender, asisten profesor klinis dan direktur Center for facial pain and sleep medicine di Texas A&M college of dentistry menjelaskan, terkadang manifestasi dari serangan jantung atau beberapa kejadian jantung dapat dirasakan di rahang, gigi dan leher.

“Bukan hanya di sisi kiri, bisa juga terjadi di sisi kanan, terutama untuk wanita," jelas Dr Bender dilansir dari Express, Kamis (17/12).

Meskipun nyeri rahang tampaknya tidak terkait dengan jantung, ini bisa menjadi indikator penting dari infark miokard. Biasanya nyeri berkembang di bagian lain tubuh jika Anda mengalami serangan jantung.

Nyeri ini bisa menyebar dari dada ke punggung, lengan, atau bahkan bahu. Namun, beberapa orang juga melaporkan adanya perasaan tidak nyaman di rahang mereka, tanpa penjelasan yang jelas.

"Jika itu serangan jantung, biasanya digambarkan sebagai rasa berat, sesak atau tekanan di dada; orang akan sering menggambarkannya sebagai 'gajah duduk di dadaku' atau 'rasanya seperti ada ikatan ketat di dadaku,' semacam itu perasaan konstriksi," ungkap Profesor David Newby dari British Heart Foundation. (Baca juga: Serangan Jantung Sering Terjadi saat Musim Dingin, Ini Tips Mencegahnya )

"Ada beberapa bukti bahwa gejala wanita lebih cenderung bervariasi dari nyeri dada 'klasik', dan kami tahu bahwa wanita cenderung tidak mencari perhatian dan pengobatan medis," tambahnya.

Faktor risiko paling parah untuk serangan jantung adalah kolesterol tinggi. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah yang diproduksi secara alami di hati. Seperti yang dijelaskan oleh British Heart Foundation (BHF), setiap orang memiliki kolesterol.

"Kita membutuhkannya untuk tetap sehat karena setiap sel dalam tubuh kami menggunakannya. Sebagian dari kolesterol ini berasal dari makanan yang kita makan," kata BHF.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)