Lakukan Hal Ini Supaya Aman Makan di Restoran di Tengah Pandemi

Jum'at, 18 Desember 2020 - 09:03 WIB
loading...
Lakukan Hal Ini Supaya Aman Makan di Restoran di Tengah Pandemi
Beberapa hal harus diperhatikan sebelum makan di restoran supaya tetap aman di tengah pandemi Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bisnis restoran ikut terkena imbas Pandemi COVID-19 . Beberapa daerah secara tegas membuat aturan larangan makan langsung di tempat, tetapi ada juga wilayah yang melonggarkan.

Beberapa konsumen ada yang memilih membungkus makanan untuk disantap di rumah, tapi ada juga sebagian memilih makan di restoran dengan berbagai pertimbangan. Apa saja hal yang perlu menjadi perhatian bagi konsumen yang ketika memutuskan makan di tempat?

1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan
Salah satu langkah preventif yang dinilai efektif cegah penularan COVID-19 adalah sering mencuci tangan. Dengan senantiasa mencuci tangan menggunakan sabun, virus yang menempel di tangan akan mati. Termasuk saat berada di restoran , aktivitas ini wajib dilakukan.

2. Memilih Restoran yang Tidak Terlalu Ramai
Memilih restoran yang tidak terlalu ramai merupakan pilihan terbaik agar tidak terjadi kerumunan. Memilih waktu kedatangan seringkali dijadikan strategi agar tidak terjebak dalam restoran yang ramai pengunjung.

3. Mengecek Kelengkapan Protokol Kesehatan Pelayan
Sebelum memutuskan untuk makan di restoran , pastikan protokol kesehatan diterapkan secara disiplin di tempat tersebut. Salah satunya adalah kesiapan tenaga pelayanan dan orang yang terlibat dalam proses produksi makanan di restoran .

4. Bijak Memilih Restoran
Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survei terlebih dulu restoran yang ingin dituju. Pastikan untuk memilih restoran yang sudah terkenal baik akan kebersihannya dna mentaati aturan protokol kesehatan.

5. Meja Harus Berjarak Minimal Satu Meter
Tata letak restoran juga menjadi hal yang harus diperhatikan pengunjung. Restoran atau tempat makan sangat disarankan untuk menerapkan jarak bagi para pengunjung dengan cara penataan meja berjarak satu meter.



6. Berjaga-jaga Membawa Peralatan Makan Sendiri
Selain menggunakan dan membawa masker, di era adaptasi baru ini disarankan juga untuk membawa botol minum, hingga alat makan sendiri saat dine in di restoran . Membawa alat makan sendiri bisa menjamin kebersihan dan keamanan diri sendiri dan juga orang lain.

7. Jika Memungkinkan Pilih Tempat Duduk di Luar
Restoran outdoor atau tempat duduk di luar disebut-sebut jadi solusi di tengah pandemi. Sebab sirkulasi udara outdoor lebih baik ketimbang indoor dimana virus bisa terperangkap saat perputaran udara di dalam tak berjalan sebagaimana mestinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)