Alami Tiga Gejala Darurat Usus Buntu Ini, Segera Kunjungi RS

Sabtu, 19 Desember 2020 - 02:51 WIB
loading...
Alami Tiga Gejala Darurat Usus Buntu Ini, Segera Kunjungi RS
Tidak semua orang mengalami gejala usus buntu yang sama, tetapi sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin. / Foto: Ilustrasi/Hopkins Medicine
A A A
JAKARTA - Tidak semua orang mengalami gejala usus buntu yang sama, tetapi sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin. Menurut Johns Hopkins Medicine, usus buntu bisa pecah secepat 48-72 jam setelah timbulnya gejala.

(Baca juga: Rapid Test Antigen Diwajibkan di Jakarta, Tes Apa Itu? )

Penyumbatan atau halangan di usus buntu dapat menyebabkan radang usus buntu, yang merupakan peradangan dan infeksi usus buntu. Penyumbatan bisa terjadi akibat penumpukan lendir, parasit, atau paling umum, kotoran.

Saat ada halangan di usus buntu, bakteri bisa berkembang biak dengan cepat di dalam organ. Hal ini menyebabkan usus buntu menjadi iritasi dan bengkak, yang akhirnya menyebabkan radang usus buntu.

Jika Anda tidak mendapatkan pengobatan untuk radang usus buntu dengan cepat, itu bisa pecah dan melepaskan bakteri berbahaya ke perut. Infeksi yang diakibatkannya disebut peritonitis. Ini adalah kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera.

Karena itu, penting untuk mengetahui gejala darurat usus buntu. Segera kunjungi rumah sakit jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut sebagaimana mengutip Healthline.

1. Sakit perut

Radang usus buntu biasanya melibatkan onset bertahap dari nyeri tumpul, kram, atau nyeri di seluruh perut. Saat usus buntu menjadi lebih membengkak dan meradang, hal itu akan mengiritasi lapisan dinding perut, yang dikenal sebagai peritoneum. Hal ini menyebabkan nyeri tajam yang terlokalisasi di bagian kanan bawah perut. Nyeri cenderung lebih konstan dan parah daripada nyeri tumpul yang muncul saat gejala mulai.

Namun, beberapa orang mungkin memiliki usus buntu yang terletak di belakang usus besar. Radang usus buntu yang terjadi pada orang-orang ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah atau nyeri panggul.

2. Demam ringan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)