Di Mana Bisa Rapid Test Antigen? Cek di Sini!

Sabtu, 19 Desember 2020 - 19:12 WIB
loading...
Di Mana Bisa Rapid Test Antigen? Cek di Sini!
Di Indonesia, rapid test antigen bisa dilakukan di beberapa klinik dan rumah sakit. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Syarat rapid test antigen untuk keluar-masuk DKI Jakarta sudah berlaku sejak Jumat (18/12) kemarin. Kebijakan nasional ini berlaku bagi warga yang menggunakan transportasi umum baik udara, laut maupun darat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan kebijakan wajib menyertakan surat hasil pemeriksaan rapid test antigen guna mencegah penyebaran COVID-19 saat libur panjang pergantian tahun.

(Baca Juga : Doni Monardo Sebut Patuhi Protokol Kesehatan Wujud Nyata Bela Negara )

"Untuk rapid test antigen itu kan menjadi kebijakan nasional. Artinya bagi maskapai, yang akan membeli tiket itu, diwajibkan calon penumpangnya melakukan rapid test antigen. Ketentuannya misal naik maskapai A membeli tiket biasanya itu sudah dipersyaratkan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

( )

Sementara, untuk masyarakat dengan kendaraan pribadi, dijelaskan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, akan diuji rapid test antigen secara acak. "Sudah diputuskan (rapid test antigen) menjadi kebijakan pusat, nasional," jelas Ahmad Riza.

Menurut CDC, rapid test antigen biasanya digunakan dalam diagnosis patogen pernapasan, termasuk virus influenza dan virus syncytial pernapasan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS telah memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk uji antigen yang dapat mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Rapid test antigen adalah immunoassay yang mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu, yang menunjukkan infeksi virus saat ini. Rapid test antigen dilakukan pada spesimen usap nasofaring atau nasal yang ditempatkan langsung ke dalam buffer ekstraksi atau reagen tes. Tes ini tidak dibatasi untuk digunakan pada orang dengan usia tertentu.

Di Indonesia, rapid test antigen bisa dilakukan di beberapa klinik dan rumah sakit. Berikut daftar lokasi beberapa klinik dan rumah sakit yang menyediakan layanan rapid test antigen.

1. Airport Health Center Bandara Soekarno Hatta
Airport Health Center berlokasi di SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dengan jam operasional 24 jam.

2. Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia, berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)