Tips Rayakan Natal Sehat di Tengah Pandemi COVID-19

Jum'at, 25 Desember 2020 - 03:45 WIB
loading...
Tips Rayakan Natal Sehat di Tengah Pandemi COVID-19
Untuk Anda yang akan merayakan Natal, pastikan tetap menerapkan 3M guna memutus rantai penularan COVID-19. Foto Ilustrasi/PA/Dominic Lipinski
A A A
JAKARTA - Natal tahun ini terasa berbeda dari sebelumnya. Adanya pandemi COVID-19 mengharuskan setiap orang ekstra ketat menjaga kesehatan mereka dengan menerapkan protokol kesehatan berupa 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker untuk terhindar dari penularan COVID-19.

Untuk Anda yang akan merayakan Natal, pastikan tetap menerapkan 3M guna memutus rantai penularan COVID-19. Berikut tips sehat perayaan Natal di tengah pandemi COVID-19 , seperti dilansir dari website CDC.

( )

1. Cuci Tangan
Cuci tangan sesering mungkin untuk membantu mencegah penyebaran virus. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih mengalir setidaknya selama 20 detik.

2. Kelola Stres
Beri diri Anda waktu istirahat jika merasa stres, kewalahan, dan lepas kendali. Beberapa cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan mencari dukungan, terhubung secara sosial, dan banyak tidur.

3. Hindari Alkohol
Hindari konsumsi alkohol agar tubuh tetap sehat dan bugar. Perayaan Natal bersama keluarga pun bisa berjalan lancar.

4. Bebas Rokok
Hindari merokok dan perokok pasif. Perokok memiliki risiko kesehatan yang lebih besar karena penggunaan tembakau, tetapi bukan perokok juga berisiko jika terpapar asap tembakau.

5. Lakukan Tes COVID-19
Jika Anda berada di lingkungan yang ramai, lakukan tes COVID-19 untuk pencegahan. Tes penting dilakukan jika Anda melakukan kontak atau menemukan orang dengan gejala yang dicurigai positif COVID-19.

6. Siapkan Makanan dengan Aman
Ingatlah langkah-langkah sederhana seperti sering mencuci tangan dan permukaan, hindari kontaminasi silang, masak makanan dengan suhu yang tepat, dan segera masukkan makanan ke dalam lemari es.

( )

7. Makan Sehat, Tetap Aktif
Makan buah dan sayuran yang mengandung nutrisi akan membantu menurunkan risiko penyakit tertentu. Batasi ukuran porsi Anda dan makanan tinggi lemak, garam, serta gula. Juga, aktiflah setidaknya selama 2,5 jam seminggu dan bantu anak-anak ataupun remaja menjadi aktif setidaknya 1 jam sehari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)