Hindari Penularan COVID-19 di Tempat Wisata dengan Tips Berikut Ini!

Jum'at, 25 Desember 2020 - 12:20 WIB
loading...
Hindari Penularan COVID-19 di Tempat Wisata dengan Tips Berikut Ini!
Saat pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebaiknya gunakan masker dan jaga jarak saat sedang berada di tempat wisata. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Liburan akhir tahun ini memang harus dijalani dengan cara berbeda. Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus lebih waspada saat berlibur. Pasalnya liburan biasanya dilakukan secara berkelompok dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ramai. Untuk itu protokol 3M (memakai masker, mencunci tangan, dan menjaga jarak) harus tetap dijalankan.

Memang saat ini pemerintah telah melakukan beberapa tindakan antisipatif untuk mencegah penularan COVID-19 saat liburan. Seperti keharusan melakukan test swab antigen misalnya. Namun yang harus diingat bahwa hasil test itu hanya valid saat itu juga.

Tak menutup kemungkinan seseorang yang hasil swab antigen-nya negatif hari ini, besok belum tentu hasilnya sama. Belum lagi akurasi alat test tersebut yang tidak mencapai 100 persen, memungkinkan hasil test bisa tak akurat.

Baca juga : Tips Rayakan Natal Sehat di Tengah Pandemi COVID-19

Agar perjalanan liburan Anda lebih nyaman dan tenang, dokter spesialis penyakit dalam Primaya Evasari Hospital dr. Nugraheni Irda, Sp.PD memberikan tipsnya:

1. Sebisa mungkin berlibur dengan orang rumah (bukan bersama keluarga jauh, apalagi orang asing yang tidak diketahui latar belakangnya). Karena kita tidak akan pernah tahu status orang lain apakah bebas Covid-19 atau tidak.

2. Tetap mematuhi protokol 3M. Seperti diketahui, 3M ini adalah salah satu perisai penting yang tetap harus dibawa untuk menangkal Covid-19. Selalau gunakan masker dimanapun berada. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan menggunakan tangan sesering mungkin. Selalau menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter dan jauhi kerumunan.

3. Memilih tempat wisata yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan. Kerumuman sangat beriisiko terhadap penularan Covid-19. Biasanya saat berada dalam sebuah kerumunan, akan sulit untuk menjaga jarak satu dengan lainnya.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat Saat Rayakan Natal Bareng Keluarga Besar

4. Hindari tempat-tempat tertutup. Sirkulasi udara pada ruangan tertutup sudah jelas tidak bagus. Di tempat tertutup virus lebih mudah menyebar. Sebagai gantinya, pilihlah tempat liburan yang terbuka.

5. Saat liburan tetap pastikanAnda cukup istirahat. Karena kelelahan akan menurunkan imunitas dan membuat virus gampang masuk ke dalam tubuh. Selain itu selalu perhatikan asupan nutrisi yang cukup. Pilihlah makanan yang bergizi.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)