Beragam Manfaat Bayam, dari Cegah Anemia hingga Jaga Kesehatan Jantung

Jum'at, 01 Januari 2021 - 06:06 WIB
loading...
Beragam Manfaat Bayam, dari Cegah Anemia hingga Jaga Kesehatan Jantung
Bayam dianggap sebagai salah satu makanan yang padat nutrisi karena banyak mengandung banyak antioksidan dan nutrisi. / Foto: Ilustrasi/Constellation
A A A
JAKARTA - Bayam dianggap sebagai salah satu makanan yang padat nutrisi karena banyak mengandung banyak antioksidan dan nutrisi. Sayuran hijau ini termasuk dalam keluarga Amaranthaceae bersama quinoa, bit dan lobak Swiss.

(Baca juga: Ini Dampak Diabetes Gestasional pada Ibu dan Bayi )

Bayam merupakan sumber yang sangat baik untuk memperoleh vitamin dan mineral. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan beberapa senyawa penting seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, nitrat dan kaempferol. Berikut adalah manfaat kesehatan dari bayam seperi dilansir laman Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bayam kaya kandungan nitrat dalam yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung . Selain itu, adanya berbagai vitamin, mineral, fitokimia, dan senyawa bioaktif dalam bayam diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Bayam mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, di mana dua karotenoid ini melindungi mata dari sinar berbahaya yang datang dari matahari.

3. Melindungi dari stres oksidatif

Konsumsi bayam bisa sangat bermanfaat untuk melindungi diri anda dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh, di mana stres ini dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, dan DNA yang dapat membuat penuaan lebih cepat.

4. Menurunkan tekanan darah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)