4 Cara Mengatasi Gangguan Tidur Selama Puasa Ramadhan

Kamis, 14 Mei 2020 - 22:03 WIB
loading...
4 Cara Mengatasi Gangguan Tidur Selama Puasa Ramadhan
Walaupun sudah terbiasa dengan perubahan waktu di bulan Ramadhan, tetapi seringkali seseorang mendapatkan masalah baru terkait pola tidur. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Walaupun sudah terbiasa dengan perubahan waktu di bulan Ramadhan, tetapi seringkali seseorang mendapatkan masalah baru terkait pola tidur.

Mereka harus menyesuaikan diri untuk terbangun pada jam 3 pagi, jika tidak bisa mengatur hal tersebut, pola tidur yang buruk akan membuat seseorang mudah lelah dan bisa saja ada gangguan kesehatan lainnya.

Lalu, bagaimana mengatasinya? seperti dikutip laman Runners World, berikut tips mengatasi gangguan tidur selama Ramadhan menurut para ahli.

1. Kamar Terlalu Terang
Apakah Anda suka mengecek ponsel sebelum tidur? Bisa jadi ini merupakan salah satu masalah berarti. Cahaya dapat mengganggu tubuh mengeluarkan hormon tidur melatonin. Menurut penelitian lainnya, kamar yang sejuk dan gelap membantu kita tertidur lebih cepat.

2. Konsumsi Kafein
Hindari kopi saat berbuka karena menyebabkan lambung Anda kaget, terlalu malam juga menjadi masalah tersendiri. Satu-satunya yang aman, batasi konsumsi kafein di bulan Ramadhan jika ingin memiliki tidur lebih baik.

3. Olahraga Sebelum Tidur
Bagi sebagian orang olahraga malam hari adalah solusi di bulan Ramadhan, belum tentu. Hindari latihan intensitas berat minimal 3 jam sebelum waktu tidur. Butuh waktu bagi detak jantung dan suhu tubuh kembali normal.

4. Makan Besar Sebelum Tidur
Makan beratlah saat berbuka namun jangan terlalu kenyang, jika Anda lapar kembali, cukup sediakan buah-buahan untuk camilan malam Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)