Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!

Minggu, 03 Januari 2021 - 13:03 WIB
loading...
Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!
Meski dikenal dengan julukan Kota Gudeg, namun Jogja sejatinya masih punya banyak jenis kuliner enak lain. Foto-Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Yogyakarta. Kota yang tak pernah bosan untuk dikunjungi lagi dan lagi ini bukan hanya terkenal dengan wisata alam dan budayanya. Kuliner di Jogja juga saling melengkapi dengan keramahtamahan penduduknya, dan bercita rasa berbeda dari daerah lain di Indonesia.

Meski dikenal dengan julukan Kota Gudeg, namun Jogja sejatinya masih punya banyak jenis kuliner enak lain. Maka itu, kalau sedang ada di Jogja, pastikan Anda mampir ke tempat ini ya!

( )

Bale Raos

Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!


Suasana yang kental dengan budaya Jawa begitu terasa saat memasuki Bale Raos yang letaknya tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Ada ukiran-ukiran dan alunan musik tembang Jawa yang diputar. Untuk Anda yang penasaran dengan menu makan kerajaan, bisa mampir ke Bale Raos yang berada di sisi selatan Keraton.

Restoran yang menyajikan resep asli khas Keraton Yogyakarta ini meliputi satu rumah joglo besar dan dapur. Dapur Bale Raos berada di tiga gazebo besar yang sekaligus digunakan sebagai tempat makan bagi tamu yang datang.

Dengan resep keluarga Keraton Yogyakarta yang diwariskan turun-menurun, Anda bisa menikmati gudeg manggar, besktik djawa, bahkan ada kudapan tapak kucing yang merupakan pisang goreng gulung.

Alamat: Jalan Mangangan Kulon No.1 Desa Panembahan, Kraton, DIY.
Jam Buka: 10.00-22.00.

Lele Mangut Mbah Marto

Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!


Sajian berupa lele asap dengan kuah santan pedas yang disajikan langsung dari dapur ini sangat terkenal di Jogja. Berbeda dengan mangut di daerah Jawa lain yang berkuah kuning kemerahan, mangut racikan Mbah Marto berwarna merah.

Lele asap di sini memiliki aroma yang menggoda dan dibuat dengan resep legendaris. Lele asapnya pun enak dinikmati bersama gudeg, sambal krecek, serta oseng daun pepaya yang terkenal nikmat karena tidak terasa pahit.

Untuk bisa datang ke Lele Mangut Mbah Marto perlu usaha ekstra, sebab lokasinya agak terpencil di sebuah gang kecil. Nah, supaya mudah menemukan lokasi Warung Mangut Mbah Marto yang sudah berjualan sejak tahun 1960-an ini Anda dapat berpatokan menuju ke arah belakang Kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Tempatnya tak jauh dari Kantor Pos Sewon lalu mengikuti jalan aspal Dusun Taraban.

Alamat: Jalan Parangkritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, DIY.
Jam Buka: 09.00-16.00.

Sate Klatak Pak Bari

Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!


Sate klatak menjadi salah satu sajian khas Jogja yang terkenal karena menggunakan tusuk sate dari besi jeruji. Ada banyak warung makan sate klatak, namun yang direkomendasikan untuk didatangi adalah Sate Klatak Pak Bari. Di sini rasa daging satenya istimewa karena empuk dan tanpa bau prengus.

Seporsi sate klatak termasuk nasi, kuah gulai, serta segelas minuman yang terhidang di meja pun cukup menggoda. Dalam seporsi sate klathak terdiri dari 2 tusuk sate yang masing-masing tusuknya berisi 6 potong daging kambing. Cara menikmatinya, daging sate dicelupkan pada kuah gurih berwarna kuning yang disediakan.

Oh ya, Anda juga bisa sekalian pesan gule kambing sebagai menu rekomendasi lain selain sate klatak di tempat ini.

Alamat: Jalan Kedaton, Pleret, Bantul, DIY.
Jam Buka: 18.30- 01.00.

Bakmi Jawa Mbah Mo

Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!


Bakmi Jawa menjadi kuliner khas Jogja lain yang juga difavoritkan pendatang maupun warga lokal sehari-hari. Kalau lagi ada di sekitaran Bantul, Anda bisa mampir ke Bakmi Jawa Mbah Mo. Di sini pilihan spesialnya adalah mi godog, bakmi goreng yang lengkap diolah dengan telur bebek, bersama suwiran ayam kampung yang dimasak di atas tungku arang.

Dengan metode memasak tradisional ini, rasanya jadi tak ada yang mengalahkan karena pemiliknya meracik bumbu menggunakan resep rahasia. Ada perpaduan antara kuah kaldu dan telur bebek yang gurih. Seporsi Bakmi Jawa Mbah Mi biasanya dilengkapi dengan kol, taburan bawang goreng, hingga daun seledri. Berbeda dengan cita rasa manis yang kental bagi orang Jawa, Bakmi Jawa Mbah Mo justru didominasi rasa asin dan gurih.

Alamat: Jalan Parangtritis, Code, Trireggo, Kecamatan Bantul, DIY.
Jam Buka : 17.00-23.00

( )

Tempo Gelato

Wisata Kuliner di Jogja Selain Gudeg, Pastikan Mampir ke Tempat ini!


Meski bukan makanan asli Jogja, namun sebagai penutup kulineran di kota ini ada satu makanan hits yang cocok dijadikan pencuci mulut. Datang saja ke Tempo Gelato, salah satu gerai gelato yang jadi kegemaran traveler yang sedang liburan di Yogyakarta. Resep gelatonya merupakan resep tradisional keluarga, dibuat tanpa pengawet, tanpa pewarna, serta berasal dari buah asli dan bahan alami.

Di sini tersedia es krim gelato dengan berbagai varian rasa mulai buah-buahan, karamel, coconut choco, hingga rasa rempah-rempah seperti cinnamon, ginger, mint, dan masih banyak varian lain. Begitu terkenal, akhirnya Tempo Gelato sekarang memiliki dua cabang yaitu di Prawirotaman dan di Jalan Kaliurang.

Alamat: Jalan Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan, DIY.
Jam Buka: 10.00-23.00.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)