Bisa Mengancam Jiwa, Kenali Aneurisma Otak seperti yang Diidap Dr Dre

Kamis, 07 Januari 2021 - 11:01 WIB
loading...
Bisa Mengancam Jiwa, Kenali Aneurisma Otak seperti yang Diidap Dr Dre
Aneurisma yang pecah dengan cepat mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan medis segera. / Foto: Live For Live Music
A A A
JAKARTA - Kabar tidak sedap datang dari Dr Dre . Musisi sekaligus produser ini dikabarkan dirawat di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, karena aneurisma otak. Beruntung, saat ini kondisi pria 55 tahun tersebut dalam kondisi stabil.

(Baca juga: Dirawat di RS, Rapper Dr Dre Dikabarkan Alami Aneurisma Otak )

Seperti mengutip Mayo Clinic, aneurisma otak adalah tonjolan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak. Ini sering terlihat seperti buah beri yang tergantung di batang.

Aneurisma otak bisa bocor atau pecah, menyebabkan pendarahan ke otak atau stroke hemoragik. Paling sering aneurisma otak pecah terjadi di ruang antara otak dan jaringan tipis yang menutupi otak. Jenis stroke hemoragik ini disebut perdarahan subaraknoid.

Aneurisma yang pecah dengan cepat mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan medis segera.

Namun, sebagian besar aneurisma otak tidak pecah, menimbulkan masalah kesehatan, atau menimbulkan gejala. Aneurisma semacam itu sering terdeteksi selama tes untuk kondisi lain.

Perawatan untuk aneurisma otak yang tidak rusak mungkin sesuai dalam beberapa kasus dan dapat mencegah pecahnya di masa mendatang. Ketika aneurisma otak pecah, perdarahan biasanya hanya berlangsung beberapa detik.

Darah dapat menyebabkan kerusakan langsung pada sel di sekitarnya, dan pendarahan tersebut dapat merusak atau membunuh sel lain. Ini juga meningkatkan tekanan di dalam tengkorak.

Jika tekanan menjadi terlalu tinggi, suplai darah dan oksigen ke otak dapat terganggu hingga kehilangan kesadaran atau bahkan kematian dapat terjadi. Komplikasi yang dapat berkembang setelah pecahnya aneurisma meliputi pendarahan ulang, vasospasme, hidrosefalus dan hiponatremia.

Cari pertolongan medis segera jika merasakan sakit kepala mendadak yang sangat parah tiba-tiba, kehilangan kesadaran atau kejang. Aneurisma otak berkembang sebagai akibat dari menipisnya dinding arteri.

Aneurisma sering terbentuk di garpu atau cabang di arteri karena bagian pembuluh darah tersebut lebih lemah. Meskipun aneurisma dapat muncul di mana saja di otak, namun paling sering terjadi di arteri di dasar otak.

(Baca juga: Optimalkan Kualitas Sperma, Tinggalkan Celana Dalam Ketat )

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah aneurisma adalah mengontrol tekanan darah. Jika memiliki riwayat keluarga stroke atau penyakit jantung, lakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan. Jangan lupa olahraga secara teratur, perhatikan apa yang Anda makan dan Jika merokok, berhentilah.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)