Tips Agar Hidup Bahagia di Tahun Baru

Jum'at, 08 Januari 2021 - 01:28 WIB
loading...
Tips Agar Hidup Bahagia di Tahun Baru
Di tengah pandemi seperti sekarang alangkah baik agar Anda tetap menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Foto Ilustrasi/SocialMoms
A A A
JAKARTA - Perubahan tanggal yang menandai tahun baru sering kali dijadikan patokan hadirnya awal baru, hidup baru, chapter baru, dan episode baru yang dimaknai berbeda oleh setiap orang.

Di tahun baru ini tentu setiap orang ingin mencapai semua keinginannya, namun di tengah pandemi seperti sekarang alangkah baik agar Anda tetap menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

( )

Psikolog Yasinta Indrianti memberikan beberapa tips agar tahun baru ini lebih bermakna.

1. Don’t Dream Your Life but Live Your Dream!
Berusahalah memenuhi apa yang benar–benar Anda impikan dalam hidup daripada sekadar membuat list tanpa indikator pencapaian yang justru akan menghabiskan banyak waktu terbuang.

2. Nikmati Proses Perjalanan Hidup
Menikmati setiap proses akan memberikan energi positif yang memungkinkan Anda mempersiapkan diri dengan berbagai rencana sebagai antisipasi saat terjadi situasi yang tidak sesuai dengan harapan.

3. Hal-Hal Kecil pun Berarti
Mimpi yang besar tidak akan terwujud jika Anda tak memulainya dengan hal-hal yang kecil. Lakukan sesuatu dari hal kecil, namun dengan penuh kesungguhan, ketulusan, dan komitmen.

4. Wujudkan Impian Anda
Yasinta mengatakan, monitor pencapaian salah satunya bisa dilakukan dengan membuat kalender emosi. Lihatlah apakah dalam kalender lebih banyak tertera emosi positif atau justru dipenuhi dengan emosi negatif yang berarti Anda harus segera instropeksi dan membuat resolusi baru.

“Sering kali tanpa Anda sadari realitas sekitar Anda yang tidak terkontrol dapat menghancurkan mimpi dan harapan Anda. Sadari sepenuhnya situasi tersebut, lalu bangkitkan emosi positif Anda dengan sesuatu yang membuat happy,” terang Yasinta.

( )

5. Berikan Penghargaan untuk Diri Sendiri
Setiap pencapaian selalu membutuhkan usaha, kerja keras, perjuangan, bahkan pengorbanan. Jaga tangki emosi agar energi positif tidak terkuras untuk setiap proses itu. Berikan hadiah untuk setiap harapan yang terwujud akan membantu Anda mengembalikan keseimbangan tangki emosi Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)