Penerbitan EUA, BPOM Gunakan Hasil Uji Klinik Turki dan Brasil

Jum'at, 08 Januari 2021 - 19:07 WIB
loading...
Penerbitan EUA, BPOM Gunakan Hasil Uji Klinik Turki dan Brasil
BPOM sedang menyelesaikan EUA atau izin penggunaan darurat vaksin virus corona Covid-19 buatan Sinovac untuk menjamin keamanan vaksin saat digunakan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sedang menyelesaikan Emergency Used Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin virus corona Covid-19 buatan Sinovac. Hal ini untuk menjamin vaksin yang diberikan kepada masyarakat aman digunakan.

Kepala Badan POM Penny Lukito mengatakan BPOM sedang menunggu data interim uji klinik fase 3 vaksin Sinovac di Bandung. Selain itu pihaknya juga masih menunggu data uji klinik fase 3 yang dilakukan oleh Brasil. (Baca juga: Jokowi Harap Izin Vaksinasi BPOM Terbit Pekan Ini atau Minggu Depan )

“Tentu saja data uji klinik yang dilakukan Turki dan Brasil kami gunakan untuk penerbitan EUA. Kami berkomunikasi, sharing data untuk masing-masing negara yang melakukan uji klinik,” terang Penny, Dalam Media Briefing Pengawalan Keamanan, Khasiat, dan Mutu Vaksin Covid-19 Sebelum dan Sesudah Peredaran yang diadakan Jumat (8/1/2021)

Penny mengatakan saat ini Badan POM sedang melihat hasil efikasi yang sudah dikirim sepenuhnya oleh Turki mengenai uji klinis vaksin Sinovac. Nantinya data lengkap dari Turki dan Brasil ini bakal digunakan sebagai bahan pertimbangan EUA.

“Turki sudah memberikan data efikasinya dalam mengeluarkan EUA. Sementara uji klinik fase 3 dari Brasil masih menunggu laporan lengkap. Kami masih menguji efikasi dari uji coba vaksin Sinovac di Bandung itu,” tuntasnya. (Baca juga: BPOM Jamin Efektivitas Vaksin dalam Melawan Covid-19 )
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3571 seconds (0.1#10.140)