Kebiasaan Para Ahli yang Bisa Dongkrak Imunitas

Selasa, 12 Januari 2021 - 23:58 WIB
loading...
A A A
“Aku memastikan magnesium dan makanan kaya gizi seperti bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk makan malam. Magnesium membantu tubuh dan otak rileks, dan membuat tidur lebih nyaman."

- Mikka Knapp, Ahli Gizi dan Nutrisi.

2. Kelola Stres
Stres membuat tubuh melepas hormon kortisol. Kortisol yang tinggi artinya sistem imun tidak aktif, demikian dikatakan Daniel M. Davis, phD. Profesor Imunologi di University of Manchester.

“Akui semua rahasia yang kau simpan. Kesannya aneh, tapi penelitian membuktikan menyimpan rahasia bisa mmbuat tubuh melepas lebih banyak hormon stres kortisol. Yang akhirnya membuat tambah stres dan memperlemah imun. Coba berbagi cerita dengan teman dekat atau terapis sehingga beban Anda berkurang."

- Patricia Celan, MD, psikiater dari Dalhousie University, Kanada.

"Salah satu cara untuk mengelola stres yang aku lakukan adalah hanya memikirkan masa sekarang. Ketika aku mencemaskan masa depan dan bertanya bagaimana kalau orang yang aku sayangi sakit? Aku melihat kenyataan yang ada saat ini. Di mana keluarga dan temanku sekarang dalam kondisi sehat. Ini cara yang mudah untuk mengontrol pikiran ketimbang membiarkan pikiran membuat cemas sendiri."

- Beatrice Tauber Prior, PsyD, Psikolog.

3. Olahraga
Penelitian menunjukkan orang yang olahraga secara teratur membuat tubuh mengembangkan lebih banyak sel T dibandingkan yang memiliki gaya hidup pasif. Olahraga juga membantu memodulasi hormon stres kortisol yang jika meningkat maka hormon ini sebabkan peradangan. Perlu diingat, olahraga berlebih malah akan menekan kekebalan tubuh.

"Setiap hari aku olahraga moderat 20-30 menit secara konsisten. Dengan begitu tubuh bisa memulihkan dan membangun imunitas lebih cepat daripada olahraga berlebih atau tidak olahraga sama sekali."

- Lisa Ballehr, DO, Praktisi Osteopatik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)