Mitos atau Fakta, Minum Kopi Bisa Hindari Diabetes Tipe 2

Jum'at, 15 Mei 2020 - 11:18 WIB
loading...
Mitos atau Fakta, Minum...
Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
PALEMBANG - Jika Anda sangat menikmati setiap cangkir kopi, ada berita baik. Sebuah penelitian menemukan manfaat kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, namun hanya kopi yang disaring, bukan yang direbus.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine menunjukkan bahwa pilihan metode persiapan dan penyajian ternyata mempengaruhi efek kesehatan kopi.

Hasil penelitian dari Chalmers University of Technology dan Umea University di Swedia ini memberikan wawasan baru mengenai adanya hubungan antara kopi dan diabetes dengan menggunakan metode baru untuk membantu membedakan antara efek kopi yang disaring dan kopi yang direbus. (Baca Juga: Kiat Mengelola Gejala Asma)

“Kami telah mengidentifikasi molekul spesifik - 'biomarker' - dalam darah mereka yang turut ambil bagian dalam penelitian ini, yang menunjukkan asupan berbagai jenis kopi. Biomarker ini kemudian digunakan untuk analisis ketika menghitung risiko diabetes tipe 2," kata peneliti studi dan juga Profesor di Universitas Umea, Rikard Landberg seperti dilansir Times of India.

Menurutnya, Hasil temuan timnya menunjukkan bahwa kopi yang telah disaring memiliki efek positif dalam hal mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tetapi kopi rebus tidak memiliki manfaat tersebut.

Landberg menjelaskan, Dengan penggunaan biomarker, para peneliti dapat melihat bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi yang disaring sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada orang yang minum kurang dari satu cangkir kopi yang disaring setiap harinya.

“Konsumsi kopi yang direbus tidak memiliki efek pada penurunan risiko diabetes dalam penelitian ini. Sementara itu, untuk membedakana efek dari kopi yang direbus dan disaring, digunakan teknik baru yang disebut metabolomik,” papar Lundberg.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Perjalanan Usaha Kuliner...
Perjalanan Usaha Kuliner Lokal yang Berawal dari Gerobak Kaki Lima
Bandung Disulap Jadi...
Bandung Disulap Jadi Korea Mini, Ribuan Pengunjung Serbu Festival K-Food Halal dan K-Culture
Menjelajah Rasa Surabaya...
Menjelajah Rasa Surabaya lewat Deretan Kuliner Legendaris Pilihan ShopeeFood
Kopi Spesial Terjangkau...
Kopi Spesial Terjangkau Jadi Pilihan Baru untuk Penikmat Kopi Harian
Studio Billy Ubah Senopati...
Studio Billy Ubah Senopati Jadi Ruang Nongkrong Urban, Santai dan Intim
Menikmati Daging Sapi...
Menikmati Daging Sapi Berkualitas Tinggi dengan Finishing Lokal
Gastronomi Molekuler...
Gastronomi Molekuler Ungkap Cara Menjaga Laut Lewat Pilihan Seafood
The Banjoemas, Diplomasi...
The Banjoemas, Diplomasi Identitas Banyumas di Pusat Budaya Ibu Kota
Mahasiswa IP Trisakti...
Mahasiswa IP Trisakti Raih 3 Medali di Salon Culinaire Bali 2026
Rekomendasi
Kisah Ristiana Artanti,...
Kisah Ristiana Artanti, Anak Buruh Proyek yang Berhasil Kuliah Gratis di UGM
Ini 15 Negara yang Mampu...
Ini 15 Negara yang Mampu Memproduksi Jet Tempur Sendiri, Indonesia Kapan?
3 Mantan Kapolda Jabar...
3 Mantan Kapolda Jabar yang Duduk di Kabinet Prabowo, 1 di Antaranya Wakapolri
Berita Terkini
Praz Teguh Tegaskan...
Praz Teguh Tegaskan Tak Terima Aliran Dana Hanania Group, Hanya Uang Saku Umroh
Kronologi Haji Bolot...
Kronologi Haji Bolot Dilarikan ke RS karena Serangan Jantung, Bermula dari Sesak Napas
Keluarga Bantah Kabar...
Keluarga Bantah Kabar Haji Bolot Meninggal Dunia, Cucu: Hoaks!
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
PRJ 2026 Jadi Ruang...
PRJ 2026 Jadi Ruang Kebersamaan Keluarga di Ibu Kota
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Infografis
Benarkah Minum Kopi...
Benarkah Minum Kopi Bisa Menyembuhkan Penyakit Diabetes?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved