Kiat Mengelola Gejala Asma

Rabu, 13 Mei 2020 - 16:35 WIB
loading...
Kiat Mengelola Gejala Asma
Alergen tertentu dapat memicu peradangan pada saluran udara sehingga berpotensi meningkatkan risiko serangan asma. Foto/Ilustrasi/Healthline.com
A A A
JAKARTA - Asma merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh peradangan saluran udara pada paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, batuk, dan mengi.

Selain itu, alergen tertentu dapat memicu peradangan pada saluran udara sehingga berpotensi meningkatkan risiko serangan asma. (Baca Juga: Manfaat Puasa Ramadhan untuk Pasien Jantung)

Untuk mengendalikan dan menurunkan risiko serangan asma, Anda bisa menerapkan berbagai langkah pencegahan tertentu sehingga gejala asma Anda tidak bertambah parah.

Berikut adalah beberapa tips mengelola gejala asma seperti dilansir laman Boldsky.

1. Hindari Alergen Asma
Ketahui alergen apa yang bisa memicu serangan asma. Biasanya alergen tersebut disebabkan polusi udara, alergi, udara dingin, asap, dan aroma tertentu. Perhatikan kondisi Anda selama beberapa minggu dan identifikasi apa yang menyebabkan munculnya serangan asma.

2. Hindari Sering Jatuh Sakit
Anda harus menjaga diri sendiri agar tidak sering jatuh sakit. Hindarilah kontak dengan orang yang menderita flu atau batuk untuk menurunkan risiko karena dapat memperburuk gejala asma.

3. Tinggal Jauh dari Area Merokok
Asap dapat memicu hadirnya serangan asma. Jadi, Anda harus membatasi paparan asap yang keluar dari lilin, tembakau, bahkan kembang api. Hindari tempat-tempat umum yang memiliki area untuk merokok.

4. Bersihkan Rumah Anda
Asma sering disebabkan juga oleh alergi debu. Maka itu, kamar Anda harus bersih dan bebas dari debu. Sering-seringlah mengganti seprei dan cuci sarung bantal di kamar Anda.

5. Minum Obat
Anda harus konsisten dan rajin mengonsumsi obat asma Anda dan jangan sampai terlewat karena akan membantu mengelola gejala asma.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)