The Bodoh's Edukasi Keluarga dan Masyarakat tentang Bahaya Narkoba

loading...
The Bodohs Edukasi Keluarga dan Masyarakat tentang Bahaya Narkoba
Masyarakat melalui kanal YouTube The Bodohs akan menerima edukasi dengan cara yang santai dan mudah diterima. / Foto: Facebook @aljahufoundationjkt
JAKARTA - Masalah penyalahgunaan narkoba hingga kini masih saja terjadi, bahkan tak jarang korbannya adalah anak-anak muda . Narkoba, sering kali menjadi tempat pelarian saat merasa depresi dengan nasib hidup seseorang. Mengonsumsi narkoba akan memberikan sensasi gembira sehingga dapat menekan depresi dan stres.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Meninggal, Pesohor Tanah Air Sampaikan Duka Cita

Faktor lainnya bisa karena rasa penasaran dan ingin diterima di lingkungan sosial. Bila seseorang sulit lepas dari lingkaran narkoba, keluarga memegang peranan penting. Keluarga diharapkan bisa merangkul agar seseorang yang terjerat narkoba merasa dimiliki dan dipenuhi kasih sayang. Lakukan komunikasi lebih intens dan berusaha memahami isi hatinya.

"Support keluarga dan masyarakat sangat penting untuk melawan narkoba yang sudah sangat mengkhawatirkan bangsa ini. Lewat jalan edukasi dan empati, The Bodoh's dan Aljahu Foundation melakukan tindakan sebagai bagian masyarakat yang peduli tentang bahaya narkoba," ujar owner Channel The Bodoh's dan Aljahu Foundation, Stevany dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1).



Ini juga berlaku untuk lingkungan sosial dan pertemanan. Sebab, stigma negatif mantan pengguna narkoba masih melekat hingga saat ini. Stigma negatif ini sebaiknya harus dihapuskan dari pikiran masyarakat. Dengan begitu akan membantu para mantan pengguna narkoba terbebas dari kecanduan.

Oleh sebab itu, akun YouTube The Bodoh's hadir untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Konten-konten yang disajikan bermuatan komedi, tentang fenomena sosial yang terjadi di kehidupan masyarakat termasuk narkoba, dengan gaya budaya tongkrongan.

Masyarakat melalui kanal YouTube The Bodoh's akan menerima edukasi dengan cara yang santai dan mudah diterima. Channel ini juga memiliki komunitas pemulihan dampak penyalahgunaan narkoba, Aljahu Foundation.





"Stigma kepada mantan pengguna narkoba di masyarakat begitu kuat, sehingga membuat mantan pecandu narkoba kehilangan rasa percaya diri dan membuat mereka kembali pada narkoba. Maka dari itu, Channel The Bodoh's dan Aljahu Foundation mengedukasi masyarakat lewat media sosial tentang bagaimana seharusnya kita memperlakukan para pecandu atau mantan pecandu ini agar mereka bisa sembuh dan kembali ke masyarakat serta berfungsi sebagimana masyarakat pada umumnya," papar Stevany.

Baca juga: Mau jadi Penyiar Radio? Yuk, Ikut Program Siaran Kebut Semalam di Global Radio!

Menjauhi dan mengucilkan mantan pengguna narkoba justru dapat memicu kembalinya mereka pada lingkaran setan tersebut. Sebab, hanya melakukan rehabilitasi saja tidak cukup. Jadi, merangkul dan menganggap mereka bagian dari lingkungan adalah pilihan yang tepat untuk membantu mereka terbebas dari narkoba. Ini saatnya bagi masyarakat untuk menghapus stigma negatif pada mantan pengguna narkoba dan menjadi bagian dari pendukung kesembuhan mereka.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top