alexametrics

5 Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

loading...
5 Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru
Sesak nafas bisa disebabkan beberapa hal termasuk asma, merokok dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) sehingga penting meningkatkan kapasitas paru-paru. (Times of India)
A+ A-
Apakah selama ini Anda sering merasa terengah-engah setelah menaiki tangga? Bahkan ketika Anda joging atau jalan dengan kecepatan yang agak cepat, jika iya, maka Anda tidak sendirian.

Sesak nafas dapat disebabkan karena beberapa alasan termasuk asma, merokok dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Oleh karena itu, penting bagi Anda mulai sekarang untuk tingkatkan kapasitas paru-paru. Kapasitas paru-paru merupakan jumlah total udara yang dapat ditampung pada paru-paru.

Dengan bertambahnya usia, kapasitas paru-paru kita akan berkurang dan jika Anda memiliki masalah paru-paru maka membuat Anda lebih menderita lagi. Secara umum, pria memiliki kapasitas paru-paru total yang sedikit lebih besar daripada wanita. Namun Anda tidak perlu khawatir, dilansir Times of India, berikut 5 cara untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.



1. Latihan Pernapasan
Latihan pernapasan dianggap sangat baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Ada beberapa latihan pernapasan yang bisa Anda lakukan seperti pernapasan diafragma, pernapasan kencang, hingga Pranayama. Berlatih latihan pernapasan akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan akan menjaga paru-paru Anda tetap sehat.

2. Berlatih Kardio
Latihan kardio tidak hanya baik untuk jantung Anda tetapi juga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Menurut sebuah studi mengatakan berlatih kardio setiap hari selama 30 menit dapat banyak membantu jantung dan pernapasan Anda. Dalam latihan kardio, paru-paru Anda harus bekerja lebih keras dalam menjaga kapasitas mereka. Aktivitas seperti berlari, bersepeda, hingga berenang adalah beberapa latihan kardio yang bisa Anda lakukan.

3. Tetap Terhidrasi
Asupan air yang tepat juga diperlukan untuk paru-paru Anda seperti halnya untuk bagian tubuh lainnya. Jika Anda terhidrasi dengan baik, maka lapisan mukosa di paru-paru Anda berfungsi lebih baik.

4. Jaga Postur
Apa kaitannya postur dan paru-paru? Sebuah studi menunjukkan bahwa jika Anda terbiasa membungkuk saat duduk maka membuat kapasitas paru-paru berkurang. Duduk pada posisi yang salah dapat menekan paru-paru Anda. Jadi cobalah duduk tegak dan sikap yang benar.

5. Penuhi Asupan Vitamin D
Studi lain menunjukkan bahwa vitamin D berperan dalam meningkatkan kapasitas paru-paru, terutama jika Anda sering berolahraga. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi atau suplemen makanan. Beberapa seperti ikan, kuning telur dan daging merah dikenal sebagai makanan yang kaya vitamin D.

Mencegah juga sama pentingnya dalam menjaga kesehatan paru-paru. Anda harus berani ambil langkah kecil seperti jauhi paparan asap rokok, makan makanan kaya antioksidan, hingga perhatikan kebersihan rumah demi paru-paru yang lebih sehat.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak