Cara Sederhana Turunkan Kolesterol, Begini Tipsnya!

Minggu, 17 Januari 2021 - 11:45 WIB
loading...
Cara Sederhana Turunkan Kolesterol, Begini Tipsnya!
Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Foto/healthline
A A A
JAKARTA - Meski kolesterol juga berguna bagi tubuh tapi kalau kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh bisa berbahaya. Kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Ya, kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol baik maupun kolesterol jahat. Selama dalam batasan yang wajar kolesterol turut membantu menjaga kesehatan. Sebut saja membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Kolesterol juga berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D , sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Masalahnya kadar kolesterol yang tinggi berpotensi menyumbang berbagai penyakit . Apalagi keharusan di rumah saja dan beberapa aktivitas rutin dihentikan, amat berpotensi membuat kadar kolesterol naik dengan kebiasaan makan makanan tidak sehat selama di rumah atau berlebihan. Berikut adalah kiat dalam mengontrol kadar kolesterol :

Baca Juga : Orang dengan Kondisi Tertentu Tak Bisa Disuntik Vaksin Sinovac, Apa Saja?

1. Pola Makan

Tentu kita semua sudah tahu bahwa makanan tidak sehat menjadi sumber utama peningkatan kadar kolesterol. Karenanya selalu perhatikan asupan makanan kita dalam keseharian. Ambil contoh menyisihkan bagian daging yang berlemak atau bagian kulit ayam. Sebaiknya kurangi pula konsumsi kuah yang mengandung santan. Termasuk telur puyuh, perlu diketahui tiga butir telur puyuh setara 300 kolesterol. Disamping itu, kurangi juga minuman manis atau bersoda, dan berhentilah makan sebelum kenyang.

2. Stop Kebiasaan Merokok

Tahukah Anda, kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Bukan hanya itu saja, merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Masih mau merokok?

Baca Juga : Waspadai Serangkaian Gejala Covid-19 yang Tidak Umum

3. Rutin Berolahraga
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)