Lemas Saat Puasa? Ini Makanan Sehat yang Memberi Energi Tambahan

Jum'at, 15 Mei 2020 - 23:30 WIB
loading...
Lemas Saat Puasa? Ini Makanan Sehat yang Memberi Energi Tambahan
Apakah Anda merasa lelah jika melakukan hal-hal kecil setiap hari? Bisa jadi Anda kehabisan energi. mengatasinya dengan makanan sehat, apa saja? Foto/istimewa.
A A A
JAKARTA - Apakah Anda merasa lelah jika melakukan hal-hal kecil setiap hari? Bisa jadi Anda kehabisan energi. Energi diperlukan sebagai bahan bakar bagi internal tubuh untuk tetap berfungsi, melakukan perbaikan, membangun dan memelihara sel-sel, serta jaringan tubuh.

Apalagi saat menjalankan ibadah puasa, energi dalam tubuh harus tetap terjaga. Untuk itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang tepat di saat sahur.

Untuk menjaga tingkat energi tetap baik dan sehat, sangat penting untuk tidak melewatkan waktu makan. Jenis makanan yang Anda konsumsi pun memainkan peran penting dalam tingkat energi harian, di mana makanan dengan karbohidrat kompleks, protein dan serat akan memberi energi instan sehingga Anda dapat beraktivitas dengan bugar setiap hari. Seperti dilansir laman Times of India, berikut makanan sehat yang dapat memberi energi.

1. Udang
Makanan ini mengandung vitamin B12 dan rendah kalori, yang dapat membantu meningkatkan energi dan metabolisme Anda. Udang juga memiliki jumlah asam lemak omega-3 yang baik yang terbukti membantu meningkatkan energi dan suasana hati.

2. Buah Segar
Gula alami yang menyehatkan dapat kita temukan pada buah-buahan seperti stroberi, pisang, blueberry, dan lainnya. Buah-buahan ini memberikan energi bagi tubuh karena mengandung serat yang akan menjaga kadar gula darah Anda stabil.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kenari, dan hazelnut kaya mengandung magnesium, yang bermanfaat dalam mengubah gula menjadi energi. Kacang -kacangan juga penuh kandungan serat yang membuat kadar gula darah Anda merata.

4.Yoghurt
Jika Anda ingin mendapatkan energi yang cepat, mengonsumsi yogurt adalah pilihan tepat karena dikenal sebagai penambah energi terbaik. Yoghurt mengandung protein tinggi, yang dapat membantu memperlambat penyerapan laktosa.

5.Telur
Telur adalah pilihan yang baik untuk sarapan atau selagi sahur karena memberikan protein berkualitas tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung sehingga mencegah Anda untuk makan berlebihan dan membuat Anda tetap berenergi.

6.Apel
Buah Apel memberi Anda energi yang kuat karena mengandung serat, vitamin dan mineral yang tinggi. Cobalah untuk memasukkan apel sebagai menu camilan atau anda bisa mengonsumsinya saat sahur.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)