Tetap Bijak dalam Mengonsumsi Buah

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:00 WIB
loading...
A A A
"Karena alpukat tebal dan besar. Artinya, sekali makan cukup setengah potong. Setengah lagi pada jam waktu makan berikutnya," tambah Leona.

Selain itu, penderita obesitas pun tidak masalah mengonsumsi alpukat karena lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak nabati yang termasuk lemak baik. Namun, pengonsumsiannya bukan sebagai tambahan lemak, melainkan pengganti lemak. Misalnya, biasa mengonsumsi gorengan untuk cemilan sekarang dapat diganti dengan alpukat.

Dia mengingatkan sekaligus meluruskan bagi penderita diabetes, penyakit kardiovaskular, dan obesitas, bahwa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ialah gula bukan buah. Selama ini masih banyak yang beranggapan gula itu karbohidrat.

"Padahal yang dimaksud gula ialah gula sesungguhnya, yakni gula yang ditambahkan atau gula pasir yang biasa kita jumpai," tuturnya.

Leona menegaskan, buah tidak sama dengan gula, tapi gula sudah pasti karbohidrat. Pada buah mengandung karbohidrat alami terdapat fiber, vitamin mineral. Jenis karbohidratnya pun tidak sama dengan gula putih karena sangat berbeda kandungan laktosa dan glukosanya.

Senada dengan Leona, dokter umum Fanny Fardhani mengatakan, semua buah sehat asalkan murni dalam bentuk buah, bukan dijadikan es buah, jus yang ditambahkan gula, jus kemasan, buah kering, atau olahan yang dibuat manisan atau asin. Ditambah dengan mengonsumsi tidak berlebihan.

Fanny juga menyebutkan bahwa durian itu sehat dikonsumsi siapa pun dalam porsi sesuai. Artinya, mengonsumsi durian dalam batas kewajaran tidak akan menyebabkan kolesterol ataupun diabetes seperti yang selama ini dipersepsikan.

"Durian mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat. Sebab, jika LDL kadarnya terlalu tinggi dapat mengendap pada dinding pembuluh darah arteri dan membentuk sumbatan yang menjadi penyebab jantung koroner," jelasnya.

Kalori durian memang tinggi, begitu kadar gulanya. Hal itu pula yang seringkali menyebabkan sakit kepala hingga dapat memicu naiknya tekanan darah kalau mengonsumsi terlalu banyak. Durian terlalu matang juga mengandung kadar alkohol yang tidak baik untuk pembuluh darah dan jantung.

Kalori berlebih saat makan durian biasanya disebabkan karena tidak memberi jarak dengan makanan yang lain. Sehabis makan siang lanjut makan durian atau selesai makan durian langsung makan malam tidak diberi jeda. Sementara porsi makan buah itu hanya satu kepal atau satu cangkir. Jika ditakar durian sebenarnya hanya boleh 1-1,5 biji durian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6128 seconds (0.1#10.140)