Tetap Bijak dalam Mengonsumsi Buah

Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Tidak seperti penyakit asam lambung atau diabetes, penyakit hipertensi atau jantung tidak ada jenis buah khusus yang harus dihindari. Bahkan, beberapa buah sangat baik dikonsumsi saat tensi naik, yaitu melon. Buah melon mengandung kalium yang baik untuk pembuluh darah. Buah yang mengandung pektin seperti apel dan jeruk juga dapat membantu menurunkan partikel LDL.

"Pisang juga tinggi kalium, alpukat juga kaya akan potasiumnya, buah jenis berry juga dapat membantu menurunkan kolesterol, buah tin dan persik juga mengandung pektin bagus untuk pembuluh darah," sambungnya.

Sementara itu, buah mengandung kalium dan potasium seperti alpukat, pisang, jeruk, dan tomat ternyata tidak baik untuk penyakit gagal ginjal. Begitu juga dengan buah olahan yang sudah dijadikan acar ataupun buah yang dikeringkan seperti kismis, kurma, dan plum karena membuat buah-buahan tersebut memiliki kadar kalium lebih tinggi.

Ginjal yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang dikonsumsi manusia jika berlebih atau sudah tidak diperlukan tubuh harus dibuang. Apabila ginjal rusak atau disebut gagal ginjal kemampuan ginjal untuk filtrasi zat-zat itu sudah menurun drastic, bahkan bisa tidak berfungsi lagi. Hal ini yang mengakibatkan kelebihan natrium, kalium, dan fosfor, atau hasil dari metabolisme protein atau zat lain yang tidak bisa disaring. Akhirnya terjadi penumpukan dan tidak jarang dapat membuat masalah baru. Maka untuk penderita gagal ginjal disarankan untuk membatasi jumlah asupan kalium, natrium, dan fosfor.
(Ananda Nararya)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)