11 Tips Penggunaan Masker yang Tepat dan Efektif

loading...
11 Tips Penggunaan Masker yang Tepat dan Efektif
Mengenakan masker adalah salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker , menjaga jarak, dan mencuci tangan harus selalu ditegakkan. Mengenakan masker sendiri adalah salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda.

Masalahnya, masih banyak terjadi penggunaan masker yang salah. Ada baiknya Anda menyimak tips berikut, yang disampaikan oleh 3M Indonesia.

1. Pilih Masker dengan Kualitas Baik
Sebaiknya pilih masker yang memiliki fitur tiga lapis filter dan lapisan filter dalam yang nyaman, serta klip hidung yang dapat ditekuk agar dapat membentuk masker ke wajah Anda lebih mudah.

Baca Juga: Jalan Cepat Terbukti Tingkatkan Umur Panjang



2. Pastikan Masker yang Digunakan Bersih
Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker kesehatan sekali pakai, penting untuk diperiksa kebersihan dan kondisinya sebelum dipakai. Jika rusak, lebih baik gunakan yang baru. Untuk masker kain pun lebih baik mengenakan masker yang baru dicuci atau belum pernah dipakai sebelumnya.

3. Cuci Tangan
Sebelum mengenakan masker, ada baiknya Anda mencuci tangan terlebih dulu. Cuci tangan lagi saat akan melepas masker. Ketika meletakkan tangan di dekat wajah, sangat penting untuk memastikan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

4. Pilih Masker yang Nyaman Sesuai Bentuk Wajah
Ukuran masker yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menyebabkan perlindungan masker wajah kurang optimal.



5. Pastikan Masker Menutupi Hidung dan Mulut
Masker wajah Anda harus menutupi hidung dan mulut setiap saat untuk hasil terbaik.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top