Backsplash Dinding Belakang Kompor Percantik Dapur

Kamis, 28 Januari 2021 - 17:00 WIB
loading...
Backsplash Dinding Belakang Kompor Percantik Dapur
Desain dan penempatan kitchen set yang terencana akan memperindah dapur. (Foto: Dok/Acasa Home Interior & Furniture)
A A A
BACKSPLASH atau bagian dari dapur yang penempatannya di dinding belakang meja dapur atau kitchen set ini memang tidak begitu terlihat. Namun, bagian itu akan tampak semakin cantik jika desain nya dipersiapkan.

Elma Analitani, Senior Designer Acasa Home Interior & Furniture menjelaskan, backsplash merupakan dinding yang dilapisi dengan material padat baik keramik, mozaic, tegel dekoratif, granit, marmer, solid surface, stainless steel, kayu, kaca, maupun cermin. Menurutnya, backsplash cukup penting karena dinding area ini akan sering terkena cipratan minyak atau sejenisnya. Hal tersebut tentu akan membuat dapur terlihat kotor.

"Jadi harus diperhatikan dalam interior kitchen, selain dari sisi fungsionalnya, bisa juga untuk mempercantik dan menambah estetika ruangan," ucapnya.

Material yang biasa dipakai untuk dinding backsplash yang perawatannya relatif mudah dan gampang dibersihkan yaitu tiles, marmer, mozaic atau tegel. Sementara motif yang dapat dipilih sangat banyak. Contohnya keramik tiles, banyak berbagai macam pilihan jenis, ukuran, warna, dan bentuknya tidak membosankan.

"Motif terrazo tile juga menarik untuk dikenali dan lagi ngetren juga. Tapi, untuk harga lumayan jauh dari keramik tiles. Jadi, untuk motif dapat disesuaikan dengan konsep tentu juga dengan anggarannya," jelas Elma.

Backsplash memang lebih baik disesuaikan dengan kitchen set agar berkesinambungan. Jika tema konsep kitchen set colourful post modern, maka pemilihan warna backsplash dan motif harus mencolok. Sebaliknya jika konsep warna kitchen set natural, tentu backsplash mengikuti warna yang netral dan motif yang sederhana seperti kotak atau garis.

Dia menambahkan, backsplash itu biasanya sudah bersatu dengan kitchen set. Kalaupun tidak, itu karena backsplash sudah terpasang di lokasi, jadi konsep kitchen set disesuaikan dengan backsplash yang sudah terpasang.

"Bagi desainer untuk full design itu lebih oke, jadi kita bisa lebih bereksplorasi akan semakin menyatu dengan konsep dapur," tandasnya.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)