Daftar Makanan Sehat yang Sangat Baik buat Remaja Perempuan

Rabu, 03 Februari 2021 - 06:16 WIB
loading...
Daftar Makanan Sehat yang Sangat Baik buat Remaja Perempuan
Kejadian gizi buruk pada remaja perempuan cukup tinggi dan menyebabkan kesehatan yang buruk, gangguan gizi serta masalah perkembangan biologis. / Foto: Ilustrasi/Go Red for Women
A A A
JAKARTA - Di antara banyak masalah yang dihadapi oleh anak perempuan, malnutrisi merupakan salah satu menjadi masalah utama.

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Cara Bikin Sandwich Sultan ala Chef Arnold

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa di beberapa negara berpenghasilan rendah dan menengah, kejadian gizi buruk pada remaja perempuan cukup tinggi dan menyebabkan kesehatan yang buruk, gangguan gizi serta masalah perkembangan biologis.

Guna menghindari permasalahan tersebut, solusi yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang tepat, dan berikut beberapa daftar makanan yang baik dikonsumsi bagi remaja perempuan seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan kaya zat besi

Menurut sebuah penelitian, kekurangan zat besi tinggi pada remaja perempuan cukup tinggi. Makanan kaya zat besi di antaranya adalah daging merah, kacang, unggas dan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

2. Probiotik

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa perkembangan otak remaja dipengaruhi oleh mikrobiota usus sehingga poros mikrobiota-usus-otak yang sehat dapat membantu dalam pencegahan gangguan kejiwaan pada masa remaja, seperti kecemasan, psikosis dan gangguan makan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan yang paling dibutuhkan oleh remaja perempuan karena tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa tetapi juga mencegah risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Buah-buahan seperti jeruk, semangka, lemon, pepaya dan alpukat bisa jadi pilihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)