Sering Menahan Buang Air Kecil Berbahaya Bagi Kesehatan

Minggu, 07 Februari 2021 - 17:05 WIB
loading...
Sering Menahan Buang Air Kecil Berbahaya Bagi Kesehatan
Sering menahan kecing bisa membuat kandung kemih rusak. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Keinginan buang air kecil atau kencing selalu datang tiba-tiba. Kondisi menyebalkan ini kadang hadir di saat penting dan membuat kita mengabaikan dan menundanya. Lantas apakah ini berbahaya?

Kandung kemih manusia yang sehat dapat menampung antara 400 hingga 500 mililiter urin atau sekitar 2 gelas sebelum mencapai kapasitas. Meskipun normal bagi kebanyakan orang untuk menahan keinginan untuk buang air kecil dari waktu ke waktu, namun sebuah penelitian menyatakan hal ini dapat berbahaya jika menjadi kebiasaan rutin.

Menahan keinginan keluarnya air seni dapat menyebabkan kerusakan serius pada kandung kemih Anda. Berikut beberapa bahaya jika Anda terlalu sering menahan kencing secara rutin seperti dikutip Times of India:

Baca Juga : Mendengarkan Musik Baik untuk Kesehatan, Berikut Ini Manfaatnya!

1. Inkontinensia Urin

Penting untuk dipahami bahwa jika Anda tidak buang air kecil secara teratur, kandung kemih dapat melemah. Akibatnya, Anda dapat mengalami inkontinensia urin. Kondisi ini menyebabkan kebocoran urin yang tidak disengaja.

2. Infeksi Saluran Kemih

Jika Anda sudah terbiasa menahan kencing secara teratur, itu dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) karena bakteri dapat mulai berkembang biak. Maka diri dipastikan sangat rentan terhadap infeksi saluran kemih. Bahkan lebih dalam risikonya jika seseorang kurang cukup terhidrasi.

3. Kandung Kemih Meregang

Saat Anda terbiasa menahan kencing untuk jangka waktu yang lebih lama, ini bisa menyebabkan kandung kemih Anda meregang. Kondisi ini membuat Anda mengalami kesulitan keinginan kencing yang konstan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)