Sandiaga Uno Sebut Babel Venue Terbaik untuk Indonesia Triathlon Series 2021

Minggu, 07 Februari 2021 - 16:36 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sebut Babel Venue Terbaik untuk Indonesia Triathlon Series 2021
Menparekraf Sandiaga Uno di Belitung. (Foto/MNC Media/Haryanto
A A A
BELITUNG - Indonesia Triathlon Series akan digelar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Babel ) pada 13 Maret 2021. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung karena Babel menjadi lokasi terbaik untuk menggelar event nasional tersebut.

"Belitung merupakan salah satu tempat terbaik untuk dijadikan venue triathlon series, karena didukung dengan pantai yang jernih dan arus pantai yang cukup menantang serta jalanan yang mulus," kata Sandiaga, Minggu (7/2).



Hal itu dipastikan usai Sandiaga menjajal langsung track olahraga yang merupakan kombinasi berenang, bersepeda, dan berlari tersebut, yang dikatakan sebagai mini triatlon trial di Kawasan KEK Tanjung Kelayang, Belitung.

"Saya menilai race untuk Indonesia Triathlon Series di Belitung sudah mulai siap. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar agar dapat membangkitkan pariwisata, meningkatkan ekonomi kreatif, memulihkan ekonomi Bangka Belitung, dan melanjutkan recovery kita pascapandemi,” ujarnya.

Sandiaga menuturkan, simulasi atau uji coba triathlon yang dilakukannya menunjukkan jika Belitung merupakan salah satu tempat terbaik untuk dijadikan venue triathlon series.

"Kita tadi sudah mencoba track-nya. Dimulai dari berenang di Pantai Kawasan Sheraton Hotel sejauh 350 meter, kemudian bersepeda dari Tanjung Kelayang sampai ke Tanjung Tinggi sejauh 33 km, lalu berputar di Klenteng Sijuk. Dan dilanjutkan berlari di kawasan KEK sejauh 3 km,” tuturnya.

Sandiaga berpesan agar dalam gelarannya nanti, protokol kesehatan harus betul-betul dilakukan dengan ketat dan disiplin. "Transisi ketika berenang menuju sepeda juga diberikan masker, hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak. Seluruh rangkaian dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ucapnya.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menuturkan, event tersebut salah satu cara efektif memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki negeri dengan sebutan Laskar Pelangi itu.

“Alam Belitung yang sangat indah dan triathlon yang menantang menjadi perpaduan yang sangat unik dan didambakan oleh peserta. Semoga partisipasi jumlah peserta dari berbagai daerah meningkat, sehingga terasa dampaknya bagi masyarakat Belitung," ujar Gubernur.



Gubernur Erzaldi dalam kesempatan itu turut membahas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang serta KEK lain yang ada di Babel. Karena direncanakan pada Maret 2021, Presiden Joko Widodo akan meresmikan hutan kemasyarakatan.

"Presiden Jokowi menginginkan beberapa inisiatif yang ada di daerah wisata secara kreatif untuk meningkatan perekonomian di daerah tersebut," katanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5867 seconds (0.1#10.140)