Kucing Perlu Mendapat Nutrisi yang Tepat agar Terhindar dari Covid-19

Jum'at, 17 April 2020 - 17:30 WIB
loading...
Kucing Perlu Mendapat Nutrisi yang Tepat agar Terhindar dari Covid-19
Pastikan kucing mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitasnya seperti halnya manusia. / Foto: ilustrasi/International Cat Care
A A A
JAKARTA - Pemelihara hewan, terutama kucing tampaknya harus ekstra waspada di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. Mereka disarankan agar lebih berhati-hati apabila melakukan kontak dengan hewan peliharaannya tersebut.

Sebagaimana dilansir The Guardian di awal bulan ini, dalam sebuah penelitian dari China mengungkapkan jika Covid-19 bisa ditularkan melalui kucing. Tim peneliti yang berasal dari Harbin Veterinary Research Institute menemukan bahwa kucing sangat rentan terhadap Covid-19, dan bisa menularkan virus lewat percikan pernapasan atau air liur ke kucing lainnya.

Temuan tersebut mengikuti laporan tentang kucing peliharaan yang terinfeksi Covid-19 dari pemiliknya di Belgia pada akhir Maret lalu. Sang pemilik terinfeksi Covid-19 setelah pulang dari Italia, dan seminggu kemudian kucingnya menunjukkan gejala Covid-19, seperti kesulitan bernapas, diare dan muntah. Selanjutnya, dokter hewan dari University of Liege menemukan bahwa kucing tersebut terinfeksi coronavirus. Beruntung, kucing itu sembuh sembilan hari kemudian.

Menanggapi fakta tersebut, Product Manager WookuWooku Advanced Pet Nutrition, Zakaria Achmad mengingatkan agar pemilik kucing harus waspada. Jangan lupa untuk membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan hewan peliharaan mereka.

"Hindari kontak yang terlalu intim dengan kucing, terutama jika pemiliknya terjangkit Covid-19. Ini sangat penting untuk kehati-hatian, meski belum diketahui bahwa virus yang keluar dari kucing bisa menularkan ke manusia atau tidak," kata Zakaria di Jakarta, baru-baru ini.

"Pastikan kucing untuk selalu berada di dalam rumah sebagaimana pemiliknya agar tidak tertular dari orang-orang diluar yang sudah terjangkiti virus corona tanpa disadari dan membawa masuk virus tersebut ke dalam rumah melalui bulu kucing," imbuhnya.

Selanjutnya, ujar Zakaria, pastikan juga kucing mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitasnya seperti halnya manusia, karena sama-sama rentan terhadap virus. Pemilik hewan peliharan seperti kucing ini harus selalu fokus untuk menjaga hewannya dengan keadaan baik.

"Memberi nutrisi dan vitamin yang pas agar terhindar dari wabah tersebut, Wookuwooku mengandung nutrisi probiotik yang berisi bakteri hidup yang mampu masuk ke dalam saluran pencernaan kucing dan mampu menambah imunitas dan daya tahan tubuh kucing terhadap serangan penyakit dan virus termasuk Covid. Nutrisi seperti ini mestinya rutin diberikan kepada kucing agar kebal terhadap serangan berbagai virus, termasuk virus corona," tutup Zakaria.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)