Enggak Perlu Repot, Bikin Konten Vlog Bisa Pakai Ponsel

Senin, 08 Februari 2021 - 13:01 WIB
loading...
Enggak Perlu Repot, Bikin Konten Vlog Bisa Pakai Ponsel
Hanya berbekal smartphone, siapa saja bisa memproduksi vlog dan menyampaikan informasi. / Foto: ilustrasi/VlogsLab
A A A
JAKARTA - Jika Anda adalah orang yang awam dengan produksi konten, membuat video sepertinya proses yang rumit dan butuh biaya besar. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Zaman yang semakin maju membuat siapapun kini membuat membuat konten video. Kalau enggak punya kamera, mengapa tidak menggunakan smartphone saja?

Baca juga: Prevalensi Kusta pada Anak Tinggi, Ini Upaya Kemenkes

Hanya berbekal smartphone, siapa saja bisa memproduksi vlog dan menyampaikan informasi. Mulai dari mencari ide, rekaman hingga editing dan publish semua bisa dengan smartphone. Berikut ini tips gimana cara membuat vlog hanya bermodal smartphone.

Tentukan Format Vlog

Pada dasarnya vlog adalah akronim video blog. Jika blog memiliki kekuatan pada tulisan, video vlog adalah penyajian konten secara audio visual. Kalau kamu merasa lebih sreg dengan audio visual, vlog bisa jadi pilihan kamu menyajikan konten.

Amati banyak vlog favorit yang menjadi tontonan favorit kamu. Kemudian cari kira-kira kamu pengen ngasih informasi apa ke audience. Akan jauh lebih baik kalau kamu membuat vlog untuk menyampaikan informasi di bidang yang kamu kuasai. Misalkan, kamu termasuk mahir dalam pelajaran MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Kenapa nggak bikin channel atau tips and trick mengerjakan soal? Lagi banyak banget, lho, dibutuhkan.

Misalkan lagi, kamu passionate di bidang health dan sport. Kamu bisa bikin konten daily sport saat di rumah atau eat healthy food saat remote working. Tinggal disesuaikan aja bidang mana yang jadi minat kamu.

Rekam Pakai Kamera Smartphone

Nggak punya kamera? Kalem aja karena bikin vlog pakai smartphone juga bisa, lho. Samsung Galaxy S21 bisa kamu andalkan, nih, sebagai device untuk membuat video. Galaxy S21 series memiliki tiga varian yakni S21, S21+, dan S21 Ultra 5G.

Varian S21 dan S21+ memiliki tiga kamera yang masing-masing adalah lensa utama 12 MP, lensa ultrawide 12MP untuk foto, dan 64 MP untuk kamera telephoto. Telephoto ini penting memotret atau merekam momen jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)