Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini

Sabtu, 13 Februari 2021 - 10:48 WIB
loading...
A A A
2. Sering mengganti atau mencuci masker

Rutin lah mengganti atau mencuci masker serta membilasnya dengan bersih. Sebab, sisa detergen juga dapat membuat kulit makin iritasi. Sering berganti masker memungkinkan untuk kulit terhindar dari paparan kotoran atau kuman penyebab jerawat makin berat. Bawa masker lebih dari dua bila sedang pergi ke luar atau saat bekerja.

3. Gunakan kosmetik yang ringan

Jangan bebani kulit wajah dengan kosmetik yang terlalu berat seperti bedak padat, foundation, concealer dan lainnya. Kondisi seperti ini dapat memicu penyumbatan pori-pori kulit sehingga menyebabkan penumpukan komedo dan jerawat. Sebaiknya gunakan skincare rutin dan pilihan makeup yang ringan. Tak masalah bila ingin memberi sedikit sentuhan pada bagian mata.

4. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Gunakan sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Sebab, paparan sinar matahari yang terjadi secara terus-menerus dapat merusak kulit wajah Anda. Wajah tak memakai tabir surya akan tetap terbakar meski tidak terlalu terlihat. Baiknya pakai juga tabir surya meski berada di dalam ruangan.

5. Rajin cuci muka

Cuci muka dengan sabun wajah sesuai jenis kulit Anda. Mencuci wajah secara rutin, akan dapat mengangkat kotoran di wajah sehingga tidak mengumpul di pori-pori yang akhirnya dapat menimbulkan munculnya jerawat- jerawat baru. Lakukan scrub wajah ringan bila wajah terasa sangat kotor sekali. Juga disarankan untuk melakukan double cleansing setelah bepergian.

6. Kurangi makanan pemicu timbulnya jerawat

Makanan terlalu tinggi protein seperti seafood, telur, terlalu tinggi gula atau karbo, pedas, gorengan dan makanan berlemak dapat memicu produksi jerawat. Batasi konsumsinya supaya tidak mudah merangsang pertumbuhan jerawat yang baru. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan akan membuat wajah semakin cerah dan sehat. Jangan hanya merawat wajah dari luar saja, memberi asupan dari dalam juga penting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)