Ini Dia Obat Rumahan yang Efektif Sembuhkan Ruam Popok Secara Alami

Jum'at, 19 Februari 2021 - 11:12 WIB
loading...
Ini Dia Obat Rumahan yang Efektif Sembuhkan Ruam Popok Secara Alami
Ruam popok terasa menyakitkan dan berwarna kemerahan yang biasanya muncul pada area yang lembap atau hangat. / Foto: ilustrasi/The Mirror
A A A
JAKARTA - Ruam popok merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dan biasanya menyerang anak berusia antara 9 hingga 12 bulan. Ruam popok terasa menyakitkan dan berwarna kemerahan yang biasanya muncul pada area yang lembap atau hangat.

Baca juga: Ruam Lebih Dapat Prediksi Covid-19 ketimbang Demam dan Batuk

Ruam menyebabkan kulit bersisik dan bergelombang juga. Ruam popok seringkali merupakan jenis dermatitis kontak. Di mana kondisi ini dapat menyebabkan infeksi bakteri dan umumnya mengenai daerah genital dan punggung bayi. Anak-anak yang memiliki kulit sensitif lebih rentan terhadap ruam popok .

Mengenakan popok basah terlalu lama juga dapat menyebabkan bercak merah atau sisik yang menyebabkan ruam. Tidak menjaga pantat bayi atau area genital kering dapat menyebabkan infeksi. Di sisi lain menggunakan bahan sintetis untuk popok dapat membuat kulit sulit bernapas. Aroma yang digunakan dalam popok juga dapat menyebabkan iritasi.

Namun tak perlu khawatir, lantaran ruam popok dapat diobati dengan obat rumahan. Berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang efektif yang akan membantu Anda menyembuhkan ruam popok secara alami seperti dilansir dari Times Now News.

1. Minyak Kelapa

Kelapa memiliki unsur penghidrasi dan menenangkan dan minyak kelapa memiliki sifat antijamur yang kuat. Pijat minyak kelapa setelah mencuci bagian bawah bayi Anda dan lakukan cara ini selama beberapa hari.

2. Oatmeal Bath

Oatmeals dapat menenangkan iritasi dan peradangan karena menunjukkan sifat anti-inflamasi. Menambahkan oatmeal dalam air dan memandikan bayi dapat membantu mengurangi ruam popok.

3. Cuka Sari Apel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)