Ayam Goreng Mentega, Menu Pilihan buat Keluarga Hari Ini

Minggu, 21 Februari 2021 - 06:02 WIB
loading...
Ayam Goreng Mentega, Menu Pilihan buat Keluarga Hari Ini
Hidangan ini menawarkan perpaduan daging ayam yang dibalut tepung dengan tekstur empuk dan gurih, serta saus mentega yang enak. / Foto: ilustrasi/Cookpad
A A A
JAKARTA - Ayam goreng mentega dapat menjadi pilihan menu keluarga hari ini. Hidangan ini menawarkan perpaduan daging ayam yang dibalut tepung dengan tekstur empuk dan gurih, serta saus mentega yang enak.

Baca juga: Menu Hari Ini: Ayam Goreng Madu, Buatnya Mudah Banget

Santap selagi hangat bersama nasi putih membuat siapa saja yang mencobanya pasti ketagihan. Cara membuatnya juga mudah. Anda bisa mencobanya di rumah dengan resep berikut dikutip dari Cookpad.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
1 siung bawang bombay, iris-iris
3 siung bawang putih, cincang
1 batang daun bawang, iris-iris
1 buah jeruk nipis
Mentega
Gula
Garam
Merica
5 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 sdm saus tomat
1 sdt saus tiram
Air

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam lalu kucuri dengan air jeruk nipis dan taburi garam. Aduk-aduk hingga ayam keset lalu diamkan 15 menit. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Campurkan 1 sdm mentega ke dalam minyak, goreng ayam hingga matang. Angkat dan sisihkan.

2. Panaskan 3 sdm mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukan kecap manis. Kecap inggris, saus tomat, saus tiram, merica dan garam. Aduk rata lalu masukan ayam dan aduk kembali hingga ayam terbalut bumbu.

Baca juga: Rasanya Sangat Digemari, Yuk Masak Ayam Goreng Kalasan di Rumah

3. Tuang air secukupnya. Aduk rata dan tunggu mendidih dan air surut, lalu mengental. Koreksi rasa, masukan daun bawang dan aduk sebentar. Angkat dan sajikan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)